Rahman Hakim, Muhamad Arif (2018) PENINGKATAN KEMAMPUAN BERDRAMA DENGAN METODE SOSIODRAMA SISWA KELAS VIII MTs MIFTAHUL ULUM CURAH TAKIR TAHUN 2018. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.
Text
Artikel Skripsi.pdf Download (849kB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (227kB) |
|
Text
1. fix HAL SAMPUL.pdf Download (118kB) |
|
Text
6. fix HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (220kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (247kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (425kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (980kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (582kB) |
|
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (229kB) |
|
Text
0. DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (225kB) |
|
Text
1. Matriks revisi.pdf Download (352kB) |
Abstract
Kata Kunci : Peningkatan kemampuan berdrama, Sosiodrama Kemampuan berdrama siswa sangat penting untuk ditingkatkan terutama pada pembelajaran drama pada bidang studi bahasa Indonesia. Pengetahuan siswa akan pembelajaran drama selama ini hanya sebatas teori dari guru saja, tanpa adanya strategi pembelajaran atau metode yang baru dan masih ternilai belum aktif dalam pembelajaran dan siswa masih cenderung bersikap negatif. Masalah yang ingin dipecahkan adalah bagaimanakah meningkatkan kemampuan berdrama siswa dengan menggunakan metode sosiodrama dan bagaimanakah metode sosiodrama dapat meningkatkan partisipasi belajar siswa kelas VIII MTs Miftahul Ulum Curah Takir tahun 2018. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana meningkatkan kemampuan berdrama dengan metode sosiodrama sekaligus mendeskripsikan bagaimana metode sosiodrama dapat meningkatkan partisipasi belajar siswa kelas VIII MTs Miftahul Ulum Curah Takir Tahun 2018. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi. Data yang dikumpulkan berupa aktivitas belajar siswa selama bermain peran dalam pembelajaran drama. Berdasarkan hasil observasi, pra siklus penelitian mencapai 40 %. Setelah dilakukan penelitian pada siklus I mengalami peningkatan 100 %. Melihat hasil pada observasi siklus I tersebut, maka penelitian dihentikan, sebab telah memenuhi standar kriteria ketuntasan yakni 85 %. Hal ini dapat disimpulkan bahwa kemampuan berdrama siswa di MTs Miftahul Ulum Curah Takir tahun 2018 dapat ditingkatkan dengan metode sosiodrama.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Subjects: | 800 Literature and Rhetoric > 810 Indonesian Literatures | |||||||||
Divisions: | Faculty of Teaching and Education Science > Department of Indonesian Literature Education (S1) | |||||||||
Department: | S1 Pendidikan Bahasa Indonesia | |||||||||
Depositing User: | rahma wahyu ningsih | |||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Date Deposited: | 08 Jan 2021 03:40 | |||||||||
Last Modified: | 08 Jan 2021 03:40 | |||||||||
URI: | http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/7729 |
Actions (login required)
View Item |