Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Ditinjau Dari Gaya Kognitif Field Dependent Dan Field Independent

Putri, Finda Fathiyah (2018) Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Ditinjau Dari Gaya Kognitif Field Dependent Dan Field Independent. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[img] Text
ARTIKEL.pdf

Download (335kB)
[img] Text
PENDAHULUAN.pdf

Download (674kB)
[img] Text
bab 1.pdf

Download (392kB)
[img] Text
bab 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (678kB)
[img] Text
bab 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (639kB)
[img] Text
bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
bab 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (379kB)
[img] Text
bab 6.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (263kB)
[img] Text
Lampiran Lengkap.pdf

Download (4MB)

Abstract

Pemecahan masalah merupakan jantung dari matematika sehingga penting bagi siswa untuk mengembangkan kemampuan memecahkan masalah matematika. Setiap siswa memiliki cara yang berbeda dalam menyelesaikan masalah, perbedaan tersebut dapat dipengaruhi oleh gaya kognitif. Agar kemampuan pemecahan masalah siswa yang dipengaruhi oleh gaya kognitif dapat diketahui, maka peneliti bermaksud melakukan penelitian dengan judul “Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Ditinjau Dari Gaya Kognitif Field Dependent dan Field Independent”. Jenis penelitian ini adalah deskripstif kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Nurul Islam Jember. Pada tanggal 19 Juli 2018 dilaksanakan tes GEFT untuk menentukan subjek dan dipilih 2 siswa, 1 siswa sebagai subjek gaya kognitif field dependent dan 1 siswa sebagai subjek gaya kognitif field independent. Selanjutnya dilaksanakan tes kemampuan pemecahan masalah pada tanggal 21 Juli 2018. Peneliti menggunakan teknik pengumpulan data, yaitu: teknik tes, observasi, dan wawancara. Instrumen pada penelitian ini yaitu: peneliti, lembar validasi, instrumen penentuan gaya kognitif, instrumen tes kemampuan pemecahan masalah, instrumen observasi, dan instrumen pedoman wawancara. Teknik pengecekan keabsahan data pada penelitian ini menggunakan triangulasi sumber, yaitu membandingkan hasil tes kemampuan pemecahan masalah dengan hasil wawancara. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) kemampuan pemecahan masalah siswa dengan gaya kognitif field dependent berkategori baik pada tahapan merencanakan penyelesaian dan melaksanakan rencana penyelesaian, berkategori cukup pada tahapan memahami masalah dan memeriksa kembali, (2) kemampuan pemecahan masalah siswa dengan gaya kognitif field independent berkategori baik pada tahap memahami masalah, merencanakan penyelesaian, dan melaksanakan rencana penyelesaian, berkategori cukup pada tahapan memeriksa kembali. Pada observasi, subjek FD dalam menyelesaikan masalah terpengaruh oleh kritikan peneliti, tidak memerlukan penjelasan lebih jelas dari peneliti terkait bagaimana pemecahan masalah, tidak terpengaruh oleh lingkungan, dan dalam menyelesaikan masalah menggunakan cara sendiri. Sehingga dapat dikatan bahwa subjek FD cenderung memiliki karakter gaya kognitif field independent. Sedangkan subjek FI dalam menyelesaikan masalah tidak terpengaruh oleh kritikan peneliti, tidak membutuhkan bimbingan dan arahan dari peneliti, tidak terpengaruh oleh lingkungan, dan dalam menyelesaikan mampu menggunakan cara sendiri. Kata kunci: Kemampuan Pemecahan Masalah, Gaya Kognitif, Gaya Kognitif Field Dependent, Gaya Kognitif Field Independent.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics
500 Natural Science and Mathematics > 510 Mathematics
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > Department of Mathematics Education (S1)
Depositing User: Dinda Novitasari
Date Deposited: 12 Jan 2021 01:58
Last Modified: 12 Jan 2021 01:58
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/7788

Actions (login required)

View Item View Item