Prabowo, Gatot (2018) Analisis Penalaran Matematika dan Berpikir Logis Matematika Ditinjau dari Pemahaman Konsep. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.
Text
Artikel.pdf Download (496kB) |
|
Text
pendahuluan.pdf Download (761kB) |
|
Text
Abstrak.pdf Download (337kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (362kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (575kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (428kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (390kB) |
|
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (231kB) |
|
Text
Lampiran 1.pdf Download (242kB) |
Abstract
Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan peneliti terhadap siswa di SMK Madinatul Ulum Cangkring. Pentingnya penalaran dan berpikir logis matematika siswa untuk dapat merencanakan, mengarahkan, dan mengontrol siswa agar belajar sesuai dengan hasil yang diharapkan dalam memecahkan masalah matematika. Fakta di sekolah bahwa pembelajaran bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar sehingga guru tidak mengetahui gambaran penalaran dan berpikir logis matematika siswa, sehingga diketahui terdapat siswa memiliki kemampuan matematika, yaitu siswa yang memiliki kemampuan tinggi, siswa yang memiliki kemampuan kemampuan sedang, dan siswa yang memiliki kemampuan rendah, dilihat dari nilai harian dan nilai semester. Pemahaman konsep merupakan kemampuan ilmu mengenai struktur hubungan-hubungannya, membantu memanipulasi aturan-aturan dengan operasi yang diterapkan. Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Menganalisis secara deskriptif yang menjelaskan segala sesuatunya secara umum dan sesuai dengan fenomena yang sedang terjadi. Menurut Arifin (2011:139) fungsi utama penelitan kualitatif adalah menyelidiki suatu fenomena sosial dan masalah manusia. Kajian utama yakni penelitian yang dilakukan secara wajar dan natural sesuai dengan kondisi obyektif di lapangan. Dengan subjek uji coba adalah siswa kelas XI-B SMK Madinatul Ulum Cangkring Jember. Menggambarkan kemampuan penalaran matematika dan berpikir logis matematika dari pemahaman konsep matematika Tinggi, sedang dan rendah. Hasil penyelesaian soal tes pertama dan kedua berdasarkan indikator penalaran matematika dan berpikir logis matematika ditinjau dari kemampuan matematika siswa, berturut-turut yakni pada tabel, paparan, anlisis dan simpulan untuk subjek tinggi yang memiliki kemampuan penalaran matematika dan berpikir logis matematika tinggi. Sedangkan pada paparan, anlisis dan simpulan untuk subjek sedang yang memiliki kemampuan penalaran matematika dan berpikir logis matematika tinggi meski tidak maksimal penguasaan. Sedangkan pada paparan, anlisis dan validasi dan simpulan subjek rendah hanya memenuhi setengah dari indikator keamapuan penalaran matemtika dan berpikir logis matemtaika rendah. Kata Kunci: Penalaran, Berpikir Logis, Pemahaman Konsep.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Subjects: | 500 Natural Science and Mathematics 500 Natural Science and Mathematics > 510 Mathematics |
|||||||||
Divisions: | Faculty of Teaching and Education Science > Department of Mathematics Education (S1) | |||||||||
Department: | S1 Pendidikan Matematika | |||||||||
Depositing User: | Dinda Novitasari | |||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Date Deposited: | 12 Jan 2021 02:44 | |||||||||
Last Modified: | 12 Jan 2021 02:44 | |||||||||
URI: | http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/7795 |
Actions (login required)
View Item |