Sriwidari, Nunik (2018) Penerapan Model Pembelajaran Aptitude Treatment Interaction ( Ati ) Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa (Penelitian Tindakan Kelas di SMP Al Aufa Jambearum Kelas VIII Pada Materi Bangun Ruang Sub Pokok Bahasan Kubus dan Balok Semester Genap Tahun Pelajaran 2017-2018). Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.
Text
ARTIKEL.pdf Download (147kB) |
|
Text
PENDAHULUAN.pdf Download (839kB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (390kB) |
|
Text
BAB 2.pdf Restricted to Repository staff only Download (506kB) |
|
Text
BAB 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (919kB) |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (591kB) |
|
Text
BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (381kB) |
|
Text
BAB 6.pdf Restricted to Repository staff only Download (362kB) |
|
Text
Daftar Rujukan.pdf Restricted to Repository staff only Download (187kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (11MB) |
Abstract
Penelitian yang dilaksanakan dilatarbelakangi oleh persoalan pelajaran matematika kurang digemari oleh siswa. Persoalan tersebut disebabkan karena pembelajaran matematika di indonesia cenderung menggunakan pendekatan dimana pembelajaran berpudat pada guru dan guru cenderung mendominasi pembelajaran sehingga dalam pembelajaran matematika siswa hanya menerima informasi secara pasif. Oleh karena itu digunakan model pembelajaran Aptitude Treatment Interaction ( ATI ) yang menumbuhkan keaktifan siswa dalam pembelajaran sehingga nilai hasil belajar siswa membaik. Penelitian ini dilakukan di SMP AL Aufa Jambearum – Puger, pelaksanaan pembelajaran dilakukan pada tanggal 21 maret 2017 sampai dengan 05 april 2017. Subjek Penelitiannya adalah siswa kelas VIII . Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas ( PTK ). Metode pengumpulan data menggunakan tes, observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil analisis data aktivitas dan hasil belajar siswa pada siklus 1 dan siklus 2 persentase aktivitas siswa mengalami peningkatan dari % menjadi %.hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan. Hal ini dapat dilihat dari kategori hasil belajar yang dicapai pada siklus 1 dan siklus 2. Pada siklus 1 ada siswa yang tidak tuntas hasil belajarnya dan ketuntasan secara klasikal adalah %. Sedangkan pada siklus 2 ada 1 siswa yang tidak tuntas belajarnya dan ketuntasan secara klasikal 93 %. Kesimpulan yang dapat diambil dari hasil analisis data dan pembahasan adalah diterapkannya pembelajaran matematika dengan menggunakan pembelajaran Aptitude Treatment Interaction (ATI) dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas VIII SMP Al Aufa Jambearum – Puger pada sub pokok bahasan Kubus dan Balok Tahun Pelajaran 2017/2018. Dari penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran model Aptitude Treatment Interaction (ATI) dapat dijadikan salah satu alternatif dalam pembelajaran matematika, karena berdampak positif bagi keterlibatan siswa dalam kegiatan belajar mengajar. Kata Kunci: Pembelajaran Aktif Model Aptitude Treatment Interaction ( ATI ), Kubus dan Balok, Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Subjects: | 500 Natural Science and Mathematics 500 Natural Science and Mathematics > 510 Mathematics |
||||||
Divisions: | Faculty of Teaching and Education Science > Department of Mathematics Education (S1) | ||||||
Department: | S1 Pendidikan Matematika | ||||||
Depositing User: | Dinda Novitasari | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Date Deposited: | 14 Jan 2021 03:39 | ||||||
Last Modified: | 14 Jan 2021 03:39 | ||||||
URI: | http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/7839 |
Actions (login required)
View Item |