Pengaruh Model Pembelajaran Reciprocal Teaching Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa pada Sub Pokok Bahasan Luas Permukaan, Volume Kubus dan Balok di Kelas VIII SMP Nuris Jember Tahun Pelajaran 2017/2018.

Nuryami, Nuryami (2018) Pengaruh Model Pembelajaran Reciprocal Teaching Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa pada Sub Pokok Bahasan Luas Permukaan, Volume Kubus dan Balok di Kelas VIII SMP Nuris Jember Tahun Pelajaran 2017/2018. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[img] Text
ARTIKEL PDF.pdf

Download (360kB)
[img] Text
ABSTRAK PDF.pdf

Download (219kB)
[img] Text
PENDAHULUAN.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB I PDF.pdf

Download (359kB)
[img] Text
BAB II PDF.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (542kB)
[img] Text
BAB III PDF.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (635kB)
[img] Text
BAB IV PDF.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (385kB)
[img] Text
BAB V PDF.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (358kB)
[img] Text
BAB VI PDF.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (223kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (8MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah kemampuan komunikasi matematis siswa di Indonesia masih tergolong rendah. Rendahnya kemampuan komunikasi matematis siswa tersebut tercermin dari data survey PISA tahun 2015 yang menunjukkan Indonesia masih dibawah rata-rata serta terlihat dari daya serap UN Matematika 2014/2015 masih sangat rendah terutama pada materi geometri. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada perbedaan kemampuan komunikasi matematis yang signifikan antara siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran reciprocal teaching dan yang diajar dengan model ekspositori pada sub pokok bahasan luas permukaan, volume kubus dan balok di kelas VIII SMP Nuris Jember tahun pelajaran 2017/2018. Sedangkan Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen kuasi. Pelaksanaan penelitian yaitu pada tanggal 5 sampai 17 Mei 2018 di SMP Nuris Jember, kelas eksperimen di kelas VIII B dan kelas kontrol di kelas VIII A. Dalam penelitian ini analisis data yang digunakan melalui dua tahap yaitu uji pendahuluan dan uji hipotesis. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah ada perbedaan kemampuan komunikasi matematis yang signifikan antara siswa yang diajar dengan model reciprocal teaching dan yang diajar dengan model ekspositori pada sub pokok bahasan luas permukaan, volume kubus dan balok di kelas VIII SMP Nuris Jember tahun pelajaran 2017/2018. Saran dalam penelitian ini salah satunya adalah untuk penelitian selanjutnya dapat menggunakan teknik pengambilan sampel secara random agar anggota populasi mendapat kesempatan yang sama untuk menjadi sampel penelitian, dalam penelitian ini sampel yang digunakan siswa laki-laki saja disarankan dalam penelitian selanjutnya dapat menggunakan sampel siswa laki-laki dan perempuan, dan penelitian ini membuktikan bahwa model reciprocal teaching dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematis maka diharapkan dapat membuktikan pada kompetensi matematis yang lain seperti kemampuan koneksi matematis, kemampuan penalaran matematis dan lain-lain. Kata Kunci: Model Reciprocal Teaching, Kemampuan Komunikasi Matematis, Luas Permukaan, Volume Kubus dan Balok.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics
500 Natural Science and Mathematics > 510 Mathematics
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > Department of Mathematics Education (S1)
Depositing User: Dinda Novitasari
Date Deposited: 14 Jan 2021 04:14
Last Modified: 14 Jan 2021 04:14
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/7842

Actions (login required)

View Item View Item