Perbandingan Hasil Belajar Matematika Siswa Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe The Learning Cell dan Artikulasi Pada Sub Pokok Bahasan Penyajian Data Kelas VII MTs.Al-Badri Kalisat Jember Tahun Pelajaran 2018-2019

Novanda, Ovilia (2018) Perbandingan Hasil Belajar Matematika Siswa Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe The Learning Cell dan Artikulasi Pada Sub Pokok Bahasan Penyajian Data Kelas VII MTs.Al-Badri Kalisat Jember Tahun Pelajaran 2018-2019. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[img] Text
Artikel Skripsi .pdf

Download (514kB)
[img] Text
ABSTRAK PDF.pdf

Download (343kB)
[img] Text
PENDAHULUAN.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (597kB)
[img] Text
BAB II .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (454kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (677kB)
[img] Text
BAB IV .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (259kB)
[img] Text
BAB V .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (464kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (228kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh anggapan guru mata pelajaran matematika dan siswa bahwa matematika merupakan mata pelajaran yang kurang disenangi siswa. Sehingga, dari asumsi tersebut siswa cenderung lebih menyerah dalam belajar yang menyebabkan menurunnya hasil belajar siswa dalam memahami materi dan hasil belajarnya pun tergolong rendah. Oleh Karena itu, diperlukannya sebuah model pembelajaran yang dapat meningkatkan aktifitas siswa dan meningkatkan hasil belajar siswa salah satunya adalah model pembelajaran The Learning Cell. Masalah dalam penelitian ini adalah (1) Apakah terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran The Learning Cell dengan model pembelajaran Artikulasi? (2) Manakah yang lebih baik antara hasil belajar yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran The Learning Cell dengan model pembelajaran Artikulasi?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan hasil belajar siswa dan lebih baik mana siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran The Learning Cell dengan model pembelajaran Artikulasi, pada pokok bahasan Penyajian Data. Penelitian ini dilakukan di MTs Al-Badri Kalisat Jember pada bulan 05 Mei sampai 31 Mei 2018. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII MTs Al-Badri Kalisat Jember dan sampel penelitian ini siswa kelas VII A dan VII D. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimental. Hasil dari penelitian ini adalah pada hipotesis menunjukan bahwa tidak terdapat perbedaan hasil pretest antara kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan nilai Z_hitung≤Z_tabel yaitu -3,025 ≤ 1,96. Dari hasil post-testnya terdapat perbedaan hasil belajar antara kelas eksperimen dan kelas kontrol yang diuji menggunakan uji t dengan nilai kurang dari nilai α (0,05) yaitu nilai signifikasi dari hasil postest 0,027≤0,05 Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan hasil belajar siswa antara yang diajar menggunakan pembelajaran The Learning Cell dengan model pembelajaran Artikulasi pada pokok bahasan Penyajian Data. Dari hasil belajar yang diajar menggunakan pembelajaran The Learning Cell lebih baik dari pada hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran Artikulasi. Kata Kunci: Model Pembelajaran The Learning Cell, Model Pembelajaran Artikulasi, Hasil Belajar, Penyajian Data

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics
500 Natural Science and Mathematics > 510 Mathematics
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > Department of Mathematics Education (S1)
Depositing User: Dinda Novitasari
Date Deposited: 14 Jan 2021 04:20
Last Modified: 14 Jan 2021 04:20
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/7843

Actions (login required)

View Item View Item