Fahrizal, Syamir (2018) Pengaruh Model Pembelajaran SQ4R (Survey, Question, Read, Reflect, Recite, Review) Terhadap Pemahaman Konsep Dan Berpikir Kritis Siswa Kelas X SMA Muhammadiyah 2 Gentengm- Banyuwangi 2017/2018. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.
Text
ARTIKEL.pdf Download (281kB) |
|
Text
PENDAHULUAN.pdf Download (256kB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (170kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (207kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (326kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (293kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (228kB) |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (190kB) |
|
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (161kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Latar belakang penelitian ini diantaranya adalah dikarenakan siswa kurangnya paham terhadap konsep dan kurangnya berpikir kritis saat pembelajaran, serta model pembelajaran yang kurang digunakan di SMA Muhammadiyah 2 Genteng-Banyuwangi. Masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh model pembelajaran SQ4R (Survey, Question, Read, Reflect, Recite, Review ) terhadap pemahaman konsep dan berpikir kritis siswa ? Terdapat tujuan penelitian yang dirangkum dalam penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran SQ4R (Survey, Question, Read, Reflect, Recite, Review) terhadap pemahaman konsep dan berpikir kritis siswa. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Pelaksanaan penelitian yaitu pada 25 April 2018 hingga 03 Mei 2018 di kelas X SMA Muhammadiyah 2 Genteng Banyuwangi. Peneliti menggunakan empat metode pengumpulan data diantaranya, yaitu observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi, lembar wawancara, dan soal tes. Berdasarkan pada hasil perhitungan uji kesamaan di atas data post-test pemahaman konsep diperoleh t_hitung= 2,841 dengan t_tabel= 1,66 dikarenakan t_hitung≥t_tabel, maka kelas kontrol dan kelas eksperimen memiliki perbedaan. Sedangkan data post-test berpikir kritis diperoleh t_hitung= 1,845 dengan t_tabel= 1,66 dikarenakan t_hitung≥t_tabel, maka kelas kontrol dan kelas eksperimen memiliki perbedaan. Jadi dapat disimpulkan bahwa rata-rata skor kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol, dilihat dari hasil penilaian pemahanan konsep dan berpikir kritis siswa. Kata Kunci: SQ4R, pemahaman konsep, berpikir kritis, aturan sinus, kosinus dan luas segitiga
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Subjects: | 500 Natural Science and Mathematics 500 Natural Science and Mathematics > 510 Mathematics |
|||||||||
Divisions: | Faculty of Teaching and Education Science > Department of Mathematics Education (S1) | |||||||||
Department: | S1 Pendidikan Matematika | |||||||||
Depositing User: | Dinda Novitasari | |||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Date Deposited: | 15 Jan 2021 02:49 | |||||||||
Last Modified: | 15 Jan 2021 02:49 | |||||||||
URI: | http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/7865 |
Actions (login required)
View Item |