Perbandingan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Vak (Visual, Auditory, Kinestetik) Dengan Model Pembelajaran Konvensional

Fitri, Tasmi (2018) Perbandingan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Vak (Visual, Auditory, Kinestetik) Dengan Model Pembelajaran Konvensional. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[img] Text
ARTIKEL.pdf

Download (549kB)
[img] Text
Burning Pendahuluan.pdf

Download (644kB)
[img] Text
13 ABSTRAK.pdf

Download (605kB)
[img] Text
1 BAB I.pdf

Download (368kB)
[img] Text
2 BAB II yang baru.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (557kB)
[img] Text
3 BAB III lagi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (868kB)
[img] Text
4 BAB IV li.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (525kB)
[img] Text
5 BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (486kB)
[img] Text
6 BAB VI fix.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (348kB)
[img] Text
7 DAFTAR RUJUKAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (221kB)
[img] Text
Burning lampiran.pdf

Download (1MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah kurangnya penguasaan matematika siswa di Indonesia. Kurangnya penguasaan matematika ini dapat dilihat dari rendahnya prestasi siswa baik di tingkat nasional maupun internasional yang dapat dilihat dari data TIMSS tahun 2015. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1). Adanya perbedaan hasil belajar siswa yang diajar menggunakan Model Pembelajaran VAK dengan Model Pembelajaran Konvensional Pada Sub Pokok Bahasan Segitiga di MTs Negeri 5 Jember kelas VII. (2). Hasil manakah yang lebih baik antara siswa yang diajar menggunakan Model Pembelajaran VAK dengan Model Pembelajaran Konvensional Pada Sub Pokok Bahasan Segitiga di MTs Negeri 5 Jember Kelas VII. Jenis penelitian yang digunakan adalah ekperimen quasi. Kelas VII C sebagai kelas eksperimen dan kelas VII A sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, tes dan dokumentasi. Instrumen penelitiannya adalah soal tes uraian. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah tidak adanya perbedaan hasil pretest kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan nilai t_hitung<t_tabel yaitu 1,577 < 2,009, sedangkan hasil posttest yaitu〖 t〗_hitung>t_tabel yaitu 3,420> 2,009 (menggunakan uji t-dua pihak), untuk pengujian hipotesis kedua nilai t_hitung>t_tabel yaitu 3,420> 1,6765 (menggunakan uji t-satu pihak) dengan nilai rata-rata kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol yaitu 83,4167 kelas eksperimen dan 70,1852 kelas kontrol. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar antara siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran VAK dengan model pembelajaran konvensional pada sub pokok bahasan segitiga di MTs Negeri 5 Jember kelas VII dan hasil belajar siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran VAK (Visual, Auditory, Kinestetik) lebih baik daripada hasil belajar siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran konvensional pada sub pokok bahasan segitiga kelas VII di MTs Negeri 5 Jember. Kata Kuci : Model Pembelajaran Vak (Visual, Auditory, Kinestetik), Model Pembelajaran Konvensional, Hasil Belajar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics
500 Natural Science and Mathematics > 510 Mathematics
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > Department of Mathematics Education (S1)
Depositing User: Dinda Novitasari
Date Deposited: 15 Jan 2021 03:06
Last Modified: 15 Jan 2021 03:06
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/7868

Actions (login required)

View Item View Item