Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Mathmagic Berbantuan Geogebra Pokok Bahasan Hubungan Antar Sudut Kelas VIIA SMP Negeri 1 Tanggul

Sakudu, Virgy Dwi Damayanthy (2018) Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Mathmagic Berbantuan Geogebra Pokok Bahasan Hubungan Antar Sudut Kelas VIIA SMP Negeri 1 Tanggul. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[img] Text
ARTIKEL.pdf

Download (256kB)
[img] Text
PENDAHULUAN.pdf

Download (265kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (82kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (233kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (393kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (475kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (550kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (230kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini diantaranya adalah karena adanya dominasi guru yang menjelaskan didepan kelas sehingga peserta didik cenderung hanya ikut belajar dan pasif dalam pembelajarannya sehingga aktivitas peserta didik SMP Negeri 1 Tanggul menjadi pasif dan menjadi tidak mandiri. Masalah dalam penelitian ini adalah (1) bagaimanakah proses pengembangan LKPD Mathmagic berbantuan geogebra pada pokok bahasan hubungan antar sudut untuk peserta didik kelas VIIA SMP Negeri 1 Tanggul? (2) bagaimanakah hasil pengembangan LKPD Mathmagic berbantuan geogebra pada pokok bahasan hubungan antar sudut untuk peserta didik kelas VIIA SMP Negeri 1 Tanggul? Terdapat dua tujuan penelitian yang dirangkum dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui proses pengembangan LKPD Mathmagic berbantuan geogebra dan untuk mengetahui hasil pengembangan LKPD Mathmagic berbantuan geogebra. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Peneltian Pengembangan. Pelaksanaan penelitian yaitu 14 April 2018 di kelas VIIA SMP Negeri 1 Tanggul. Peneliti mmenggunkan model pengembangan 4D yang diungkapkan oleh Tiagarajan yakni tahap pendefinisian (definite), tahap perancangan (design), tahap pengembangan (develop), dan tahap penyebaran (dessiminate). Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh ketuntasan belajar peserta didik menunjukkan nilai yang baik yakni 80% dan rata-rata respon peserta didik adalah 90% sehingga aktivitas peserta didik dalam belajar menjadi baik dan peserta didik bisa belajar dengan mandiri. Kesimpulan penelitian ini adalah LKPD Mathmagic berbantuan geogebra terbukti dapat menjadi pilihan dalam pembelajaran matematika untuk meningkatkan kemandirian peserta didik. Kata Kunci: Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), Mathmagic, Geogebra, Hubungan Antar Sudut.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics
500 Natural Science and Mathematics > 510 Mathematics
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > Department of Mathematics Education (S1)
Department: S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Dinda Novitasari
Contributors:
ContributionContributor NameNIDN/NIDK
UNSPECIFIEDKomarayanti, Sawitrinidn0719056302
UNSPECIFIEDKusumaningtyas, Yoga Dwi Windynidn0730038902
Date Deposited: 15 Jan 2021 03:17
Last Modified: 15 Jan 2021 03:17
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/7870

Actions (login required)

View Item View Item