Astutik, Wahyuni (2018) Pengembangan Soal Cerita Penalaran Berbasis Budaya Lokal Materi SPLDV kelas VIII E MTsN 5 Jember. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.
Text
ARTIKEL.pdf Download (518kB) |
|
Text
PENDAHULUAN.pdf Download (313kB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (170kB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (260kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (343kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (380kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (457kB) |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (167kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (15MB) |
Abstract
Budaya lokal adalah nilai-nilai lokal suatu daerah yang terbentuk secara alami dan diperoleh melalui proses belajar dari waktu ke waktu. Budaya lokal dapat berupa seni, tradisi, pola pikir, hukum adat, atau lingkungan fisik yang menjadi keunikan lokal. Pembelajaran menggunakan budaya lokal merupakan pembelajaran yang mengaitkan dengan fenomena atau kejadian yang berhubungan dengan budaya lokal. Namun yang terjadi masih sedikit guru menyisipkan pembelajaran dengan budaya lokal yang ada di sekitar siswa dalam proses belajar mengajar khususnya di MTsN 5 Jember. Tak hanya itu guru jarang membuat pertanyaan yang memancing siswa untuk bernalar. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Dilaksanakan di MTsN 5 Jember yaitu pada tanggal 5 Juni sampai 7 Juni 2018. Subyek penelitian ini adalah siswa-siswi kelas VIII E MTsN 5 Jember. Metode penelitian Tessmer ini adalah penelitian pengembangan (development research) tipe formative research. Penelitian ini dibagi menjadi tiga tahapan, yakni: tahap self evaluation, tahap prototyping(validasi, evaluasi,dan revisi), dan tahap field test. Berdasarkan hasil penelitain yang diperoleh analisis data validasi para ahli diperoleh Va adalah 4.3 dan interpretasi valid. Sedangkan analisis uji coba one-to-one yaitu analisis data validitas butir soal yaitu 4 soal dengan besar validitas 1 dan interpretasi tinggi. 1 soal dengan besar validitas 0 dengan interpretasi sangat rendah. Butir soal nomor 5 di revisi lalu diujicobakan ke field test. Dan nilai reliabilitasnya adalah 0.86 dan nilai interpretasi sangat tinggi. Sedangkan analisis uji coba field test didapat 2 soal dengan besar validitas 0.25;0.29 dan interpretasi rendah, 2 soal dengan besar validitas 0.61;0.75 dan interpretasinya tinggi, 1 soal dengan validitas 0.85 dan interpretasi sangat tinggi. Analisi data reliabilitasnya adalah 0.55 dengan interpretasi sedang. Hasil analisis taraf kesukaran pada uji field test adalah 4 soal dengan besar nilai 0.375;0.45;0.6;0.61 dan interpretasi taraf kesukaran adalah sedang, 1 soal dengan nilai 0.25 dan nilai interpretasi suKATA KUNCI:Budaya Lokal, Soal Cerita Penalarankar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Subjects: | 500 Natural Science and Mathematics 500 Natural Science and Mathematics > 510 Mathematics |
|||||||||
Divisions: | Faculty of Teaching and Education Science > Department of Mathematics Education (S1) | |||||||||
Department: | S1 Pendidikan Matematika | |||||||||
Depositing User: | Dinda Novitasari | |||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Date Deposited: | 15 Jan 2021 03:21 | |||||||||
Last Modified: | 15 Jan 2021 03:21 | |||||||||
URI: | http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/7875 |
Actions (login required)
View Item |