Tindak Tutur Guru Bahasa Indonesia Dalam Proses Pembelajaran Di Kelas Viii C Smp Muhammdiyah 1 Jember

Khairun Nisak, Zahidah (2017) Tindak Tutur Guru Bahasa Indonesia Dalam Proses Pembelajaran Di Kelas Viii C Smp Muhammdiyah 1 Jember. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[img] Text
Artikel Jurnal.pdf

Download (419kB)
[img] Text
Pendahuluan.pdf

Download (334kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (165kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (296kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (341kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (326kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (354kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (326kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (164kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (163kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (901kB)

Abstract

Tindak tutur pada dasarnya pada saat seseorang mengatakan sesuatu, dia juga melakukan sesuatu. Tindak tutur juga bisa ditemukan dalam kegiatan proses pembelajaran di dalam kelas. Proses pembelajaran di dalam kelas merupakan wujud tindak tutur seorang guru dalam mentransfer ilmu kepada siswanya. Tuturan tersebut berupa tindak tutur lokusi yang digunakan untuk menyatakan sesuatu atau hanya menginformasikan sesuatu kepada lawan tuturnya, tindak tutur ilokusi yang digunakan untuk melakukan sesuatu dan tindak tutur perlokusi yang digunakan untuk mempengaruhi sesuatu. Permasalahan yang muncul dari latar belakang adalah bagaimanakah tindak tutur guru bahasa Indonesia dalam proses pembelajaran di kelas VIII C SMP Muhammdiyah 1 Jember. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan tindak tutur guru bahasa Indonesia dalam proses pembelajaran di kelas VIII C SMP Muhammadiyah 1 Jember. Jenis penelitian ini adalah kualitatif. Sasaran penelitian ini adalah guru bahasa Indonesia yang mengajar di kelas VIII C SMP Muhammadiyah 1 Jember. Tempat penelitian di SMP Muhammadiyah 1 Jember, pada tanggal 27 April 2017. Teknik pengumpul data adalah observasi, rekam dan catat. Instrumen dalam penelitian adalah peneliti selaku instrumen utama, dan instrumen bantu berupa kamera digital. Data dalam penelitian dianalisis dengan metode reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil analisis data menunjukkan terdapat tiga jenis tindak tutur dari tuturan guru bahasa Indonesia pada saat proses pembelajaran di kelas. Ketiga tindak tutur tesebut yakni, tindak tutur lokusi, ilokusi dan perlokusi. Berdasarkan hasil tersebut, simpulan dari penelitian ini adalah terdapat 6 tindak tutur lokusi dari 1 rekaman yang telah ditranskip, terdapat 23 tindak tutur ilokusi dari 1 rekaman yang telah ditranskip, dan terdapat 7 tindak tutur perlokusi dari 1 rekaman yang telah ditranskip.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: tindak tutur, guru, proses pembelajaran
Subjects: 800 Literature and Rhetoric
800 Literature and Rhetoric > 810 Indonesian Literatures
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > Department of Indonesian Literature Education (S1)
Depositing User: Dinda Novitasari
Date Deposited: 08 Mar 2021 07:41
Last Modified: 08 Mar 2021 07:41
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/8775

Actions (login required)

View Item View Item