Pengaruh Senam Rematik terhadap Nyeri Sendi Kaki pada Lansia di Posyandu Lansia Nusa Indah 43 Desa Karang Anyar Kecamatan Ambulu Kabupaten Jember

Wahyuono, Rizal Try (2016) Pengaruh Senam Rematik terhadap Nyeri Sendi Kaki pada Lansia di Posyandu Lansia Nusa Indah 43 Desa Karang Anyar Kecamatan Ambulu Kabupaten Jember. Journal of Undergraduate Thesis, Universitas Muhammadiyah jember.

[img]
Preview
Text
Jurnal Pdf.pdf

Download (907kB) | Preview

Abstract

Pada era globalisasi saat ini penyakit tidak menular mengalami peningkatan, salah satunya yaitu Rematik. Senam Rematik adalah suatu metode yang baik untuk pencegahan dan meringankan gejala gejala rematik serta berfungsi sebagai terapi tambahan terhadap pasien rematik dalam fase tenang. Salah satu cara untuk mengurangi rasa nyeri sendi kaki pada penderita rematik adalah dengan melakukan senam rematik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh senam rematik terhadap nyeri sendi kaki pada lansia di Posyandu Lansia Nusa Indah 43 Desa Karang Anyar Kecamatan Ambulu Kabupaten Jember. Metode penelitian ini adalah experiment dengan menggunakan analisis wilcoxon. Dari hasil analisis diperoleh nilai p= 0,000. Dapat disimpulkan terdapat pengaruh yang signifikan dalam pemberian senam rematik terhadap nyeri sendi kaki pada lansia di Posyandu Lansia Nusa Indah 43. Sedangkan tehnik sampling yang digunakan total sampling). Data dianalisa secara statistic dengan menggunakan rumus uji wilcoxon signed rank test. Dari hasil analisis, dapat disimpulkan bahwa tenaga kesehatan di Ambulu harus berupaya mengaplikasikan senam rematik secara teratur pada pasien yang menderita rematik untuk menurunkan rasa nyeri sendi kaki.

Item Type: Article
Additional Information: Rizal Try Wahyuono (1211011094)
Uncontrolled Keywords: Senam Rematik, Nyeri Sendi Kaki, Lansia
Subjects: 600 Technology and Applied Science > 610 Medicine and Health > 613 Personal Health, Hygiene
600 Technology and Applied Science > 610 Medicine and Health > 618 Gynecology and Obstetric
Divisions: Faculty of Health > Department of Nursing Science
Depositing User: Hendri Uut Fahrullah
Date Deposited: 13 Nov 2018 06:54
Last Modified: 13 Nov 2018 06:54
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/952

Actions (login required)

View Item View Item