Hubungan Persepsi Pembatasan Jam Kunjung dengan Tingkat Kepuasan Pasien di Ruang Rawat Inap RSU Dr. H. Koesnadi Bondowoso

Hakim, Robby (2016) Hubungan Persepsi Pembatasan Jam Kunjung dengan Tingkat Kepuasan Pasien di Ruang Rawat Inap RSU Dr. H. Koesnadi Bondowoso. Journal of Undergraduate Thesis, Universitas Muhammadiyah jember.

[img]
Preview
Text
ARTIKEL.pdf

Download (108kB) | Preview

Abstract

Kepuasan merupakan perasaan senang atau kecewa seseorang yang muncul setelah membandingkan antara persepsi terhadap kinerja produk harapannya. Kebijakan mengenai pembatasan jam kunjung merupakan suatu kebijakan rumah sakit yang bertujuan untuk meningkatkan pelayanan rumah sakit terhadap para pengguna jasa. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara persepsi pembatasan jam kunjung dengan tingkat kepuasan pasien. Desain penelitian ini menggunakan corelational dengan pendekatan cross sectional. Populasi pada penelitian ini adalah pasien rawat inap RSU Dr. H. Koesnadi berjumlah 757 Pasien, dengan besar sampel 76 Responden yang diambil menggunakan teknik purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan kuisioner dengan skala Likert. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 67,1% mengatakan persepsi baik terhadap pembatasan jam kunjung dan 40,8% mengatakan sangat puas dengan pembatasan jam kunjung. Hasil uji statistik Spearmen Rho menyatakan bahwa terdapat hubungan antara persepsi pembatasan jam kunjung dengan tingkat kepuasan Pasien Rawat Inap (p value = 0,000, r = 0,243). Penelitian ini direkomendasikan kepada rumah sakit yang belum menerapkan kebijakan pembatasan jam kunjung untuk mengaplikasikan kebijakan tersebut dalam meningkatkan kepuasan pasien rawat inap di rumah sakit.

Item Type: Article
Additional Information: Robby Hakim (1211011095)
Uncontrolled Keywords: Persepsi, Pembatasan jam kunjung, Kepuasan Pasien
Subjects: 600 Technology and Applied Science > 610 Medicine and Health > 613 Personal Health, Hygiene
Divisions: Faculty of Health > Department of Nursing Science
Depositing User: Hendri Uut Fahrullah
Date Deposited: 14 Nov 2018 01:09
Last Modified: 14 Nov 2018 01:09
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/954

Actions (login required)

View Item View Item