Hubungan Discharge Planning dengan Tingkat Kepatuhan Pasien Mengikuti Program Kesehatan di Poli Klinik Rawat Jalan RSD Balung Kabupaten Jember

Trimulyanto, Viky (2016) Hubungan Discharge Planning dengan Tingkat Kepatuhan Pasien Mengikuti Program Kesehatan di Poli Klinik Rawat Jalan RSD Balung Kabupaten Jember. Journal of Undergraduate Thesis, Universitas Muhammadiyah jember.

[img]
Preview
Text
ARTIKEL.pdf

Download (257kB) | Preview

Abstract

Kepatuhan adalah perilaku positif yang dilakukan oleh pasien untuk mencapai tujuan terapeutik yang ditentukan bersama-sama antara pasien dan petugas kesehatan. Kepatuhan mengacu pada kemampuan untuk mempertahankan program-program yang berkaitan dengan promosi kesehatan atau pemberian instruksi pada pasien, yang sebagian besar ditentukan oleh petugas kesehatan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan discharge planning dengan tingkat kepatuhan pasien mengikuti program kesehatan di poli klinik rawat jalan RSD Balung. Metode penelitian ini adalah korelasi dengan menggunakan analisis spearman rho. Dari hasil analisis diperoleh nilai p= 0,000. Dapat disimpulkan terdapat hubungan yang erat antara discharge planning dengan tingkat kepatuhan pasien mengikuti program kesehatan di poli klinik rawat jalan RSD Balung. Sedangkan tehnik sampling yang digunakan adalah quota sampling. Data dianalisa secara statistic dengan menggunakan rumus uji spearman rho. Dari hasil analisis, dapat disimpulkan bahwa perawat di RSD Balung harus memberikan discharge planning dengan baik sehingga dapat menimbulkan kepatuhan mengikuti program kesehatan yang baik pada pasien.

Item Type: Article
Additional Information: Viky Trimulyanto (1211011101)
Uncontrolled Keywords: Discharge Planning, Kepatuhan, Pasien
Subjects: 600 Technology and Applied Science > 610 Medicine and Health
Divisions: Faculty of Health > Department of Nursing Science
Depositing User: Hendri Uut Fahrullah
Date Deposited: 15 Nov 2018 03:00
Last Modified: 15 Nov 2018 03:00
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/967

Actions (login required)

View Item View Item