Hubungan Persepsi Tentang Hak-Hak Reproduksi dengan Perilaku Seksual Pranikah pada Remaja di SMK 1 Pancasila Ambulu Jember

Lestari, Yeni (2016) Hubungan Persepsi Tentang Hak-Hak Reproduksi dengan Perilaku Seksual Pranikah pada Remaja di SMK 1 Pancasila Ambulu Jember. Journal of Undergraduate Thesis, Universitas Muhammadiyah jember.

[img]
Preview
Text
Artikel Jurnal S1 Keperawatan Reguler Sore (Yeni Lestari).pdf

Download (475kB) | Preview

Abstract

Remaja merupakan tahapan kehidupan yang dilalui oleh setiap manusia dalam proses perkembangan sejak lahir sampai pada masa peralihandari masa kanak-kanak menuju masa dewasa.Perkembangan emosi pada masa remaja ditandai dengan sifat emosional yang meledak-ledak dan sulit untuk dikendalikan, pada tipe iniremaja mudah terpengaruh menyebabkan remaja sering salah mengartikan dan memandang tentang hak-hak reproduksi sehingga terjerumus pada perilaku seksual pranikah.Tujuan penelitian ini untuk mengidentifikasi hubungan persepsi tentang hak-hak reproduksi dengan perilaku seksual pranikah pada remaja SMK 1 Pancasila Ambulu. Desain penelitian ini menggunakan korelasional dengan pendekatan cross sectional,Adapun populasi penelitian ini adalah siswa dan siswi SMK I Pancasila Ambulu dengan sampel 138 responden dengan tehnik pengambilan sampel menggunakan probability sampling dengan simple random sampling. Data yang digunakan adalah menggunakan uji Spearman Rho (ρ ≤ α = 0,05). Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi tentang hak-hak reproduksi dengan tepat sejumlah 132 responden (95,7%) dan persepsi kurang tepat sejumlah 6 responden (4,3%), selanjutnya untuk perilaku seksual pranikah didapatkan data 92,8% dengan responden 128 cenderung tidak melakukan perilaku seksual pranikah dan untuk 10 responden (7,2%) cenderung melakukan perilaku seksual pranikah. Dari analisis uji Spearman Rho didapatkan hasil ρ value 0,000. Kesimpulan penelitian ini bahwa ada hubungan persepsi tentang hak-hak reproduksi dengan perilaku seksual pranikah. Rekomendasi penelitian ditujukan pada guru dan keluarga lebih memberikan informasi-informasi penting kepada remaja mengenai kesehatan reproduksi terutama tentang hak-hak reproduksi yang nantinya dapat menjadikan remaja yang sehat dan terhindar dari perilaku negatif serta penyakit-penyakit menular seksual.

Item Type: Article
Additional Information: Yeni Lestari (1411012020)
Uncontrolled Keywords: Persepsi hak-hak reproduksi; Perilaku seksual pranikah; Remaja
Subjects: 600 Technology and Applied Science > 610 Medicine and Health
600 Technology and Applied Science > 610 Medicine and Health > 612 Human Physiology
Divisions: Faculty of Health > Department of Nursing Science
Depositing User: Hendri Uut Fahrullah
Date Deposited: 15 Nov 2018 03:28
Last Modified: 15 Nov 2018 03:28
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/970

Actions (login required)

View Item View Item