Pengaruh Pemberian MP-ASI Metode BLW (Baby Led Weaning) terhadap Pola Makan Bayi di Posyandu Anggur Desa Umbulsari Kecamatan Umbulsari Kabupaten Jember

Jannah, Zehrotul (2016) Pengaruh Pemberian MP-ASI Metode BLW (Baby Led Weaning) terhadap Pola Makan Bayi di Posyandu Anggur Desa Umbulsari Kecamatan Umbulsari Kabupaten Jember. Journal of Undergraduate Thesis, Universitas Muhammadiyah jember.

[img]
Preview
Text
Artikel Jurnal.pdf

Download (588kB) | Preview

Abstract

MP-ASI merupakan makanan atau minuman pendamping ASI yang mengandung gizi yang dapat diberikan menggunakan metode BLW (Baby Led Weaning) yang diharapkan dapat meningkatkan pola makan bayi. BLW (Baby Led Weaning) adalah metode dengan memperkenalkan dan melakukan penyapihan secara mandiri dengan rasa suka pada balita dengan usia 6 bulan keatas. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi pengaruh pemberian MP-ASI metode BLW (Baby Led Weaning) terhadap pola makan bayi. Penelitian ini menggunakan one group pretest-posttest design dengan jumlah sampel 27 responden. Tehnik sampling menggunakan non probabilty sampling. Pengumpulan data pada penelitian ini melalui kuesioner yang diberikan ibu dan dianalisis menggunakan uji Wilcoxon Signed. Hasil dari penelitian ini didapatkan bahwa Ada Pengaruh Pemberian MP-ASI Metode BLW (Baby Led Weaning) Terhadap Pola Makan Bayi di Posyandu Anggur Desa Umbulsari Kecamatan Umbulsari Kabupaten Jember dengan p value=0,000. Metode BLW (Baby Led Weaning) efektif dapat meningkatkan pola makan pada bayi. Oleh karena itu bila menginginkan menggunakan MP-ASI yang disajikan sehat dan bebas dari bahan pengawet maka ibu sebaiknya menggunakan MP-ASI metode BLW(Baby Led Weaning).

Item Type: Article
Additional Information: Zehrotul Jannah (1211011080)
Uncontrolled Keywords: MP-ASI metode BLW, Pola makan bayi
Subjects: 600 Technology and Applied Science > 610 Medicine and Health
600 Technology and Applied Science > 610 Medicine and Health > 611 Human Anatomy, Cytology, Histology
Divisions: Faculty of Health > Department of Nursing Science
Depositing User: Hendri Uut Fahrullah
Date Deposited: 15 Nov 2018 03:49
Last Modified: 15 Nov 2018 03:49
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/972

Actions (login required)

View Item View Item