Sumarsono, Jefri (2017) GAMBARAN RESOLUSI KONFLIK DALAM PERTEMANAN DI KALANGAN REMAJA SISWA SMP MUHAMMADIYAH 1 JEMBER. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.
Text
2. HAL PENGESAHAN.pdf Download (273kB) |
|
Text
3. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (224kB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (19kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (187kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (300kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (254kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (274kB) |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (10kB) |
Abstract
Masa remaja merupakan masa dimana seorang individu menghadapi banyak perubahan yang terjadi dalam kehidupannya, perubahan yang dialami meliputi perubahan fisik, sosial, emosional dimana perubahan pada aspek1aspek tersebut mempengaruhi remaja untuk memiliki banyak konflik dengan orang-orang disekitarnya. Konflik harus diselesaikan dengan cara yang lebih konstruktif menggunakan cara-cara resolusi konflik berdasarkan pemahaman akan tujuan dari resolusi konflik yaitu mendapatkan kepentingan dengan tetap mempertahankan hubungan baik dengan lawan konflik. Peneltian ini bertujuan untuk menggambarkan resolusi konflik dikalangan remaja siswa SMP Muhammadiyah 1 Jember ketika siswa memiliki konflik dengan teman disekolah. Peneliti menggunakan metode kuantitatif deskriptif. Metode pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan skala psikologi dengan bentuk semantic differensial yang menggunakan rentangan angka 1 sampai 7 dan disusun berdasarkan indikator dari aspek-aspek resolusi konflik yang dikemukakan oleh Gottman dan Korkoff (Suyatno, 2005). Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 160 orang yang merupakan siswa kelas VIII dan kelas IX di SMP Muhammadiyah 1 Jember. Metode analisa yang digunakan meliputi uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas dan uji analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa gambaran resolusi konflik secara keseluruhan siswa SMP Muhammadiyah 1 Jember termasuk dalam kategori tinggi dengan prosentase 58,8% (94 siswa), yang berarti bahwa siswa dapat memilih strategi penyelesaian konflik menggunakan cara resolusi konflik secara destruktif maupun konstruktif sehingga siswa memiliki peluang lebih besar untuk dapat mengelola konflik dengan lebih baik sebagai usaha untuk mencapai tujuan dan mempertahankan hubungan dengan temannya agar tetap harmonis. Penggunaan resolusi konflik siswa SMP Muhammadiyah 1 Jember berdasarkan jenisnya lebih banyak menggunakan resolusi konflik konstruktif dengan nilai prosentase 61,9% (99 siswa). Pengkategorian berdasarkan aspek pada jenis destruktif yang paling banyak digunakan siswa adalah aspek withdrawal dengan prosentase 66,9% (107 siswa), sedangkan pada jenis konstruktif yang paling banyak digunakan merupakan aspek kompromi dengan prosentase 59,3% (95 siswa).
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Subjects: | 100 Philosophy > 150 Psychology | |||||||||
Divisions: | Faculty of Psychology > Department of Psychology (S1) | |||||||||
Department: | S1 Psikologi | |||||||||
Depositing User: | Perpustakaan UM Jember | |||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Date Deposited: | 08 Jun 2021 06:19 | |||||||||
Last Modified: | 08 Jun 2021 06:19 | |||||||||
URI: | http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/10204 |
Actions (login required)
View Item |