ANALISIS MENULIS KREATIF NASKAH DRAMA SISWA KELAS VII B SEMESTER GANJIL SMP I BUSTANUL ULUM PAKUSARI JEMBER TAHUN PELAJARAN 2015/2016
Ferdianzah, Ali Billah (2017) ANALISIS MENULIS KREATIF NASKAH DRAMA SISWA KELAS VII B SEMESTER GANJIL SMP I BUSTANUL ULUM PAKUSARI JEMBER TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (291kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (22kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (51kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (62kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (56kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (123kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (219kB) |
![]() |
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (37kB) |
![]() |
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (7kB) |
Abstract
Menulis kreatif untuk menuangkan gagasan dalam bentuk bahasa tulis merupakan
suatu kegiatan komunikasi berupa penyampaian informasi, serta maksud yang terkandung
dalam pikiran, gagasan, dan pendapat penulis dapat disampaikan dengan baik. Drama adalah
bentuk karya sastra yang bertujuan menggambarkan kehidupan dengan menyampaikan
partikaian dan emosi melalui lakuan dan dialog. Lakuan dan dialog dalam drama tidak jauh
beda dengan lakuan serta dialog yang terjadi dalam kehidupan sehari-sehari.
Melalui kegiatan menulis siswa dituntut untuk menghasilkan karya sebagai wujud
kreativitas. Untuk menguji tingkat keterampilan siswa dalam menulis naskah drama ditinjau
dari kurikulum pendidikan yaitu Standar Kompetensi (SK)mengungkapkan pikiran dan
perasaan melalui kegiatan menulis kreatif naskah drama.Kompetensi Dasar (KD) menulis
kreatif naskah drama satu babak dengan memerhatikan kaidah penulisan naskah drama
tersebut. Menulis naskah drama yang termasuk dalam pembelajaran Bahasa Indonesia,
terutama di bidang sastra di jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP) selama ini masih
dianggap kurang menarik, karena menulis naskah drama dianggap sebagai pembelajaran yang
sulit untuk dilakukan oleh siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apa
tanggapan dan kemampuan sebenarnya dari siswa mengenai naskah drama
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat ketepatan unsur pembangun drama
yang digunakan oleh siswa. Sehingga dari dua puluh siswa terdapat sepuluh data siswa yang
sesuai dengan teknik penulisan naskah drama yaitu unsur pembangun naskah drama.
Terdapat sepuluh data siswa yang tidak sesuai dengan teknik penulisan naskah drama yaitu
unsur pembangun drama. Unsur pembangun drama yang dimaksud adalah latar, dialog, plot,
dan penokohan.
Hasil penelitian menunjukan dari masing – masing unsur pembangun tidak semua
unsur pembangun teks drama digunkan oleh para siswa. Misalnya dari segi latar tidak semua
unsur latar digunakan, terkadang hanya menggunakan latar, tempat, dan suasana. Padahal
terdapat tiga unsur latar yaitu latar tempat,waktu, dan suasana. Namun tdiak semua siswa
menggunakan ketiga unsur tersebut. Begitupun dengan penggunaan dialog, plot, dan
penokohan. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa siswa VII B SMP I Bustanul Ulum
Pakusari Jember menggunakan unsur pembangun teks drama dalam menulis kreatif teks
drama memiliki perbedaan pada kemampuan, kreativitas, pengetahuan serta pengalaman
dalam menulis kreatif naskah drama.
ContributionNama Dosen PembimbingNIDN/NIDKDosen PembimbingABDURRAHMAN, GINANJARnidn0714078704Dosen PembimbingVardani, Eka Nova Alinidn0710118501
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 400 Language > 421 Writing System |
Divisions: | Faculty of Teaching and Education Science > Department of Indonesian Literature Education (S1) |
Depositing User: | Perpustakaan UM Jember | perpustakaan@unmuhjember.ac.id |
Date Deposited: | 21 Jun 2021 03:42 |
Last Modified: | 21 Jun 2021 03:42 |
URI: | http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/10628 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |