S, Imarina (2016) Pengaruh Resistensi terhadap Perilaku Disiplin pada Siswa-Siswi SMA Muhammadiyah 3 Jember. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER.
|
Text
NASKAH PUBLIKASI.pdf Download (387kB) | Preview |
|
Text
pendahuluan.pdf Download (238kB) |
||
Text
abstraksi.pdf Download (114kB) |
||
Text
BAB I.pdf Download (151kB) |
||
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (151kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (172kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (202kB) |
||
Text
Bab V.pdf Restricted to Repository staff only Download (91kB) |
||
Text
Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (635kB) |
Abstract
Sekolah yang merupakan faktor penentu bagi perkembangan kepribadian siswa baik dalam proses pembentukan cara berfikir, bersikap, maupun berperilaku. Kenyataannya sekolah masih terkendala oleh pelanggaran yang dilakukan siswa-siswi sebagai bentuk upaya resistensi terhadap peraturan sekolah hal ini dipengaruhi faktor perkembangan remaja yang mengalami tahapan masa menentang (trotzalter) dan didukung pula oleh faktor dukungan sosial yang dilakukan untuk kekompakan bersama, loyalitas, rasa percaya dan kesenangan bersama teman seangkatan. Resistensi sebagai bentuk penolakan menjadi penghambat terjadinya perilaku disiplin yang mana disiplin memiliki tujuan yang baik untuk siswa-siswi yakni untuk membentuk karakter pribadi individu yang mampu mengendalikan diri serta mampu menghormati dan mematuhi peraturan. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Muhammadiyah 3 Jember pada siswa siswi kelas XI dan XII. Subjek penelitian digunakan sejumlah 242 siswa dengan mengunakan teknik Stratified Random Sampling. Penelitian ini mengunakan skala Resistensi dan Skala Perilaku Disiplin dengan mengunakan model Semantic Differential. Hasil ini dapat dilihat dari nilai Sig. = 0,224 > 0,05 yang menunjukan bahwa tidak ada pengaruh yang signifikan antara Resistensi dengan Perilaku kedisiplinan dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,079 yang diinterpretasikan bahwa hubungan kedua variabel penelitian ada di kategori lemah dengan kontribusi variabel sebesar 0,6% pada variabel bebas yakni resistensi terhadap variabel Y dan 99,4% lainnya dipengaruhi oleh faktor-faktor lain diluar variabel X.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Uncontrolled Keywords: | Resistensi, Perilaku Disiplin | |||||||||
Subjects: | 100 Philosophy > 150 Psychology 100 Philosophy > 150 Psychology > 153 Conscious Mental Process and Intelligence |
|||||||||
Divisions: | Faculty of Psychology > Department of Psychology (S1) | |||||||||
Department: | ["eprint_fieldopt_department_KODEPRODI73201#PSIKOLOGI" not defined] | |||||||||
Depositing User: | Rudi Setiawan | |||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Date Deposited: | 09 Jan 2019 02:27 | |||||||||
Last Modified: | 28 Oct 2019 02:38 | |||||||||
URI: | http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/1107 |
Actions (login required)
View Item |