Bentuk-Bentuk Perilaku Prososial Anak TK

Anggiari, Yuesi (2016) Bentuk-Bentuk Perilaku Prososial Anak TK. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (425kB) | Preview
[img] Text
Cover new.pdf

Download (174kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (7kB)
[img] Text
Lampiran All.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (284kB)
[img] Text
Abstraksi.pdf

Download (305kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (160kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (192kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (228kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (339kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (89kB)

Abstract

Perilaku prososial merupakan perilaku menolong dan peduli pada orang lain yang dilakukan secara suka rela dari minat intrinsik. Perilaku prososial ini sangat dibutuhkan oleh guru karena guru masih mengalami kesulitan menginterprestasikan indikator dalam kurikulum, guru jaga sulit melakukan evaluasi terhadap indikator sosial emosi. Berdasarkan pengamatan sementara peneliti selama beberapa menit, anak-anak melakukan kegiatan-kegiatan yang telah terjadwal oleh walikelas, kemudian salin berinteraksi satu samalain dan saling berbagi peran. Hal inilah yang menarik peneliti untuk melakukan penelitian dengan metode kuantitatif deskriptif dengan alat ukur cek list berupa guide observasi, analisa data menggunakan prosentase. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa TK A dan TK B Cahaya Nurani sejumlah 25 anak. Sampel adalah sebagian dari populasi, sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah semua populasi dikarenakan jumlah populasi yang hanya 25 anak. Tujuan penelitian ini adalah adalah untuk mengetahui bentuk-bentuk prilaku prososial pada anak TK. Penelitian ini menunjukkan bahwa bentuk-bentuk perilaku prososial pada anak TK. Prosentase yang didapatkan pada masing-masing perilaku berbeda-beda, ketrampilan kelas mendapat prosentase 94,4%, ketrampilan interaksi mendapat prosentase 82,84%, ketrampilan bersama orang lain prosentase 83,42%, menjalin pertemanan 85,16%, dan ketrampilan koping menunjukkan prosentase rendah 2,08%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Bentuk-Bentuk Perilaku Prososial Anak TK
Subjects: 100 Philosophy > 150 Psychology
100 Philosophy > 150 Psychology > 155 Differential and Developmental Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology (S1)
Depositing User: Rudi Setiawan
Date Deposited: 09 Jan 2019 03:09
Last Modified: 26 Oct 2019 03:31
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/1123

Actions (login required)

View Item View Item