Optimasi Waktu Fermentasi Kopi Robusta Lokal Jember Secara In-Vitro (Dimanfaatkan Sebagai Sumber Belajar Biologi SMA/MA Berupa Buku Saku)

Wulansari, Desy (2021) Optimasi Waktu Fermentasi Kopi Robusta Lokal Jember Secara In-Vitro (Dimanfaatkan Sebagai Sumber Belajar Biologi SMA/MA Berupa Buku Saku). Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[img] Text
a. PENDAHULUAN-2.pdf

Download (934kB)
[img] Text
b. ABSTRAK.pdf

Download (243kB)
[img] Text
c. BAB I.pdf

Download (386kB)
[img] Text
d. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (273kB) | Request a copy
[img] Text
e. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (880kB) | Request a copy
[img] Text
f. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
g. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (607kB) | Request a copy
[img] Text
h. BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (343kB) | Request a copy
[img] Text
i. DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (249kB)
[img] Text
j. LAMPIRAN_.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
k. ARTIKEL DESY.pdf

Download (591kB)

Abstract

Indonesia adalah negara penghasil kopi terbesar setelah Negara Brazil, Vietnam dan Colombia. Produksi kopi di Indonesia dari tahun ke tahun mengalami peningkatan, salah satunya adalah daerah Kabupaten Jember. Kopi di Kabupaten Jember terdiri dari tiga jenis yaitu Kopi Arabika (Coffe arabica), Kopi Robusta (Coffe canepora), dan Kopi Liberika, selain itu terdapat pula produk unggulan kopi yaitu kopi luwak yang menjadi produk kopi termahal di pasar Internasional. Produksi kopi luwak di Kabupaten Jember masih menggunakan metode alami atau menggunakan hewan luwak, hal ini menyebabkan populasi luwak dialam liar berkurang. Oleh karena itu, dalam produksi kopi luwak perlu adanya alternatif lain untuk menanggulangi permasalahan tersebut, dengan melakukan fermentasi kopi secara in-vitro (diluar tubuh hewan luwak) serta memanfaatkan potensi lokal Kabupaten Jember yaitu kopi Robusta. Masalah dalam penelitian ini adalah (1) bagaimana optimasi waktu fermentasi kopi Robusta lokal Jember secara In-Vitro. (2) bagaimanakah hasil penelitian optimasi waktu fermentasi kopi Robusta lokal Jember secara In-Vitro dapat dibuat sebagai bahan media sumber belajar biologi berupa buku saku. Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui waktu yang paling ideal dalam fermentasi kopi Robusta lokal Jember secara In-Vitro yang dapat menghasilkan kualitas kopi dengan citarasa yang mirip dengan kopi luwak. (2) Proses dan hasil penelitian dapat dimanfaatkan atau dibuat sebagai bahan media sumber belajar biologi berupa buku saku. Penelitian dilaksanakan di UPT Laboratorium Biologi Dasar Universitas Muhammadiyah Jember. Jenis penelitian ini adalah eksperimen dan pengembangan buku produk, dengan metode Rancangan Acak Lengkap (RAL). Analisis data menggunakan analisis varian (ANAVA) dan dilanjutkan dengan uji Tukey. Berdasarkan hasil penelitian terdapat waktu yang ideal dalam fermentasi kopi secara In-Vitro atau diluar tubuh hewan luwak. Kopi robusta yang telah difermentasi dinyatakan mirip dan memiliki skor yang mendekati dengan skor kopi luwak asli adalah pada perlakuan lama fermentasi empat hari dengan skor 6.71.Potensi proses dan hasil penelitian dapat digunakan sebagai sumber belajar biologi berupa buku saku. Potensi ini dapat dikembangkan, dikarenakan memuat inti inti materi sebagai kajian pemahaman dan pengetahuan peserta didik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Optimasi, Fermentasi, In-Vitro, Kopi Luwak
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 570 Biology
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > Department of Biology Education (S1)
Depositing User: Desy Dwi Wulansari
Date Deposited: 28 Jul 2021 16:17
Last Modified: 28 Jul 2021 16:17
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/11330

Actions (login required)

View Item View Item