ANALISIS KANDUNGAN KAFEIN DAN UJI ORGANOLEPTIK PADA KOPI ARABIKA (Coffea arabica) VARIETAS KOMASTI MELALUI PROSES ROASTING SEBAGAI SUMBER BELAJAR BIOLOGI

Rusmiati, Rusmiati (2021) ANALISIS KANDUNGAN KAFEIN DAN UJI ORGANOLEPTIK PADA KOPI ARABIKA (Coffea arabica) VARIETAS KOMASTI MELALUI PROSES ROASTING SEBAGAI SUMBER BELAJAR BIOLOGI. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER.

[img] Text
PENDAHULUAN.pdf

Download (664kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (193kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (298kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (671kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (455kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (471kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (345kB) | Request a copy
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (195kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (280kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy
[img] Text
PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN-dikonversi.pdf

Download (339kB)

Abstract

ABSTRAK Rusmiati. 2021. Analisis Kandungan Kafein dan Uji Oganoleptik Pada Kopi Arabika (Coffea arabica) Varietas Komasti Melalui Proses Roasting Sebagai Sumber Belajar Biologi. Skripsi, Program Studi Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Jember. Pembimbing: (1) Ika Priantari, S.Si, M.P, (2) Novy Eurika, S.Si, M.Pd. Kata Kunci: Kopi arabika (Coffea arabica) varietas komasti, Roasting, Kafein, Uji organoleptik, Sumber belajar. Kopi arabika (Coffea arabica) merupakan kopi tradisional yang memiliki citarasa yang berbeda dengan kopi yang lainnya sehingga banyak di sukai oleh penikmat kopi. Kopi arabika (Coffea arabica) memiliki banyak varietas yang belum diketahui oleh masyarakat salah satunya kopi arabika (Coffea arabica) varietas komasti yang baru dikenal oleh masyarakat pencinta atau penikmat kopi. Kopi arabika (Coffea arabica) varietas komasti memiliki citarasa, aroma yang khas dan memiliki kandungan metabolit sekunder salah satunya kafein dapat dihasilkan melalui proses roasting. Masalah penelitian ini yaitu apakah proses roasting mempengaruhi kandungan kafein dan uji organoleptik pada kopi arabika (Coffea arabica) varietas komasti. Bagaimana mengembangkan penelitian ini menjadi sumber belajar biologi dalam bentuk lembar kerja peserta didik (LKPD). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh roasting terhadap kandungan kafein dan uji organoleptik kopi arabika (Coffea arabica) varietas komasti serta dapat mengembangkan penelitian ini menjadi sumber belajar biologi dalam bentuk lembar kerja peserta didik (LKPD). Jenis penelitian ini yaitu eksperimen murni dengan menggunakan metode analisis data kuantitatif. Rancangan penelitian yang digunakan yaitu pra eksperimental. Selain itu, penelitian ini menggunakan model pengembangan 4- D yang dilakukan melalui tahap define, design, esvelopment tetapi pada tahap disseminate tidak dilakukan karena tidak sampai menguji kefektifan produk. Penelitian ini dilakukan di 3 tempat laboratorium yang berbeda. Berdasarkan hasil penelitian ini terdapat pengaruh roasting terhadap jumlah kandungan kafein dan uji organoleptik kopi arabika (Coffea arabica) varietas komasti. Jumlah kandungan kafein yang diperoleh memiliki nilai tertinggi yaitu 1,191 % pada waktu roasting sekitar 2 menit, sedangkan nilai terendah yaitu 0,664% pada waktu sekitar 10 menit. Selain itu, hasil terbaik terhadap uji organoleptik dengan waktu roasting sekitar14 menit dengan skor 36,35. Produk penelitian ini yang telah divalidasi oleh 4 validator ahli yaitu ahli konstruksi, materi dan bahasa yang memperoleh skor rata-rata 83 menunjukkan bahwa RPP dan LKPD berbasis website termasuk kategori sangat layak digunakan sebagai sumber belajar mata pelajaran biologi SMA kelas X.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Kopi arabika (Coffea arabica) varietas komasti, Roasting, Kafein, Uji organoleptik, Sumber belajar.
Subjects: 300 Social Science > 370 Education
500 Natural Science and Mathematics > 570 Biology > 575 Specific Parts of & System in Plants
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > Department of Biology Education (S1)
Depositing User: Rusmiati Rusmiati
Date Deposited: 29 Jul 2021 01:05
Last Modified: 29 Jul 2021 01:05
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/11360

Actions (login required)

View Item View Item