(Artikel) Pengaruh Unjuk Kerja (Stroke Up) Terhadap Performa Mesin Pada Motor 4 Langkah Yang Menggunakan Variasi (Crankshaft CG200)
Ariyanto, Ariyanto and Nely Ana Mufarida, Nely and Kosjoko, Kosjoko (2018) (Artikel) Pengaruh Unjuk Kerja (Stroke Up) Terhadap Performa Mesin Pada Motor 4 Langkah Yang Menggunakan Variasi (Crankshaft CG200). Universitas Muhammadiyah Jember.
![]() |
Text
1. Pengaruh Unjuk Kerja (Stroke Up) Terhadap Performa Mesin Pada Motor 4 Langkah Yang Menggunakan Variasi (Crankshaft CG200).pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
Peer Review 1.pdf Download (579kB) |
![]() |
Text
1. (Plagiasi) PENGARUH UNJUK KERJA (STROKE UP) TERHADAP PERFORMA MESIN PADA MOTOR 4 LANGKAH YANG MENGGUNAKAN VARIASI (CRANKSHAFT CG200).pdf Download (2MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya perbedaan daya, torsi dan konsumsi bahan
bakar yang dihasilkan sepeda motor yang divariasi dengan poros engkol (Crankshaft) standar dan
poros engkol (Crankshaft) CG200 yang menggunakan bahan bakar pertamax. Metode penelitian yang
digunakan adalah eksperimen, dilakukan pada sepeda motor 4 langkah 160 CC. Data hasil penelitian
dianalisa dengan cara mengamati secara langsung hasil eksperimen kemudian menyimpulkan dan
menentukan hasil penelitian yang telah dilakukan dalam bentuk grafik dan tabel. Pada pengujian ini
digunakan alat dynamometer untuk mengetahui daya dan torsi yang dihasilkan, sedangkan untuk
pengujian laju konsumsi bahan bakar menggunakan alat buret ukur, kemudian dilakukan perhitungan
konsumsi bahan bakar. Perbedaan daya sekitar 49,7 %, dihasilkan oleh poros engkol (Crankshaft)
standard yang di ambil rata-rata sekitar 9,7 HP dan pada poros engkol (Crankshaft) CG200 yaitu 19,3
HP. Perbedaan torsi sekitar 46,5 %, dihasilkan oleh poros engkol (Crankshaft) standard yang di ambil
rata-rata sekitar 10,5 Nm dan pada poros engkol (Crankshaft) CG200 yaitu 19,65Nm. konsumsi bahan
bakar terendah diperoleh pada motor yang menggunakan poros engkol (crankshaft) CG200 yaitu
sebesar 1,2 liter/jam, sedangkan konsumsi bahan bakar terbesar didapat pada penggunaan poros
engkol (crankshaft) standar yaitu sebesar 1,5 liter/jam. Perbedaan daya dan torsi yang dihasilkan lebih
maksimal karena perbedaan panjang langkah dari poros engkol yang membuat rasio kompresi semakin
tinggi.
[error in script]
Item Type: | Peer Review |
---|---|
Keywords/Kata Kunci: | Motor 4 langkah, Variasi Crankshaft, Motor Bakar. |
Subjects: | 600 Technology and Applied Science |
Divisions: | Faculty of Engineering > Department of Mechanical Engineering (S1) |
Depositing User: | Nely Ana Mufarida | nelyana@unmuhjember.ac.id |
Date Deposited: | 20 Aug 2021 03:52 |
Last Modified: | 27 Sep 2021 04:17 |
URI: | http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/11784 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |