Identifkasi Pengolahan Tumbuhan Pangan Dalam Makanan Tradisional Masyarakat Using Desa Kemiren Kabupaten Banyuwangi Sebagai Sumber Belajar Biologi

Purwaningsih, Dyah Wahyu (2021) Identifkasi Pengolahan Tumbuhan Pangan Dalam Makanan Tradisional Masyarakat Using Desa Kemiren Kabupaten Banyuwangi Sebagai Sumber Belajar Biologi. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[img] Text
a. Pendahuluan (2).pdf

Download (1MB)
[img] Text
b. Abstrak (2).pdf

Download (402kB)
[img] Text
c. Bab 1 (1).pdf

Download (518kB)
[img] Text
d. Bab 2 (1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (561kB) | Request a copy
[img] Text
e. Bab 3 (1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (634kB) | Request a copy
[img] Text
f. Bab 4 (1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
g. Bab 5 (1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (610kB) | Request a copy
[img] Text
h. Bab 6 (1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (404kB) | Request a copy
[img] Text
i. Daftar Pustaka (1).pdf

Download (555kB)
[img] Text
j. Lampiran (2).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text
k. Artikel (2).pdf

Download (773kB)

Abstract

Tumbuhan pangan merupakan segala jenis tumbuhan yang menghasilkan karbohidrat dan protein, yang termasuk didalamnya yaitu makanan pokok, makanan tambahan, minuman, bumbu masakan, dan rempah-rempah. Masyarakat Using Desa Kemiren memanfaatkan tumbuhan pangan untuk diolah sebagai makanan tradisional. Tujuan dari penelitian ini yaitu mengetahui jenis tumbuhan pangan yang dimanfaatkan sebagai bahan makanan tradisional, pengolahan tumbuhan pangan, kearifan lokal yang dimiliki masyarakat dalam pengolahan tumbuhan pangan tersebut, dan juga potensi hasil penelitian sebagai sumber belajar Biologi. Metode penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang diperoleh adalah data primer dan data sekunder. Informan yang digunakan terdiri dari informan primer utama dan rekomendasi yang ditentukan dengan menggunakan purposive sampling dan snowball sampling. Analisis data diakukan secara kualitatif. Pengujian keabsahan data melalui triangulasi, Cross-referenced information, dan repetead information. Pengembangan sumber belajar mengacu pada model ADDIE dan dilakukan uji validasi kelayakan sumber belajar oleh ahli media dan ahli materi. Tumbuhan pangan yang dimanfaatkan oleh Masyarakat Using Desa Kemiren Banyuwangi sebagai makanan tradisional terdapat 26 jenis tanaman, terdiri dari 22 famili yang masuk kedalam divisio Spermatophyta (tumbuhan berbiji). Bagian tumbuhan yang dimanfaatkan buah 31%, biji 25%, daun 21%, umbi 14%, bunga 4%, dan rebung 4%. Pengolahan tumbuhan pangan yang dilakukan yaitu dengan cara dikukus, direbus, digoreng, dan tanpa dimasak (mentah). Kearifan lokal yang dimiliki oleh Masyarakat Using Kemiren yaitu meliputi kepercayaan (selametan, penggunaan pare pada tumpeng serakat, tidak boleh mencicipi makanan yang dibuat Selametan), pengetahuan (jenis tumbuhan yang digunakan, cara mengolah tumbuhan yang tepat), dan praktik (menanam sendiri tumbuhan yang digunakan, cara pengolahan yang diturunkan oleh leluhur). Hasil penelitian ini dapat dimanfaatkan sebagai sumber belajar berupa Buku Saku yang bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan peserta didik. Hasil uji validasi yang telah dilakukan oleh validator yaitu ahli validasi media 92,5% dan validator ahli materi 95% sehingga dikategorikan sangat layak untuk digunakan sebagai sumber belajar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Tumbuhan Pangan, Makanan Tradisional, Masyarakat Using Desa Kemiren, Cara Pengolahan, Sumber Belajar.
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 570 Biology
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > Department of Biology Education (S1)
Depositing User: Dyah Wahyu Purwaningsih
Date Deposited: 25 Aug 2021 06:53
Last Modified: 25 Aug 2021 06:53
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/11848

Actions (login required)

View Item View Item