Nikmah, Ami Novia Rizqiatun (2021) KETIDAKSANTUNAN BERBAHASA DALAM KONTEN YOUTUBE UUS KAMUKITA (KAJIAN PRAGMATIK). Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.
Text
a. Pendahuluan (1)_compressed (1).pdf Download (346kB) |
|
Text
b. Abstrak_compressed.pdf Download (259kB) |
|
Text
c. Bab 1_compressed.pdf Download (317kB) |
|
Text
d. Bab 2_compressed.pdf Restricted to Repository staff only Download (390kB) | Request a copy |
|
Text
e. Bab 3_compressed.pdf Restricted to Repository staff only Download (329kB) | Request a copy |
|
Text
f. Bab 4_compressed.pdf Restricted to Repository staff only Download (437kB) | Request a copy |
|
Text
g. Bab 5_compressed.pdf Restricted to Repository staff only Download (393kB) | Request a copy |
|
Text
h. Bab 6_compressed.pdf Restricted to Repository staff only Download (283kB) | Request a copy |
|
Text
i. Daftar Pustaka_compressed.pdf Download (261kB) |
|
Text
j. Lampiran_compressed.pdf Restricted to Repository staff only Download (544kB) | Request a copy |
|
Text
k. Artikel_compressed.pdf Download (361kB) |
Abstract
Ketidaksantunan berbahasa merupakan perilaku berbahasa yang dapat mengancam muka dilakukan dengan unsur sembrono secara sengaja dan menimbulkan konflik. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan bentuk-bentuk ketidaksantunan kategori kesembronoan, fungsi tuturan, dan strategi kesantunan berbahasa dalam konten youtube Uus Kamukita. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Sumber data penelitian ini adalah tayangan video yang dibuat dan diunggah oleh chanel youtube Uus Kamukita. Data penelitian ini berupa merupakan kata atau kalimat yang mengandung ketidaksantunan berbahasa bentuk-bentuk kesembronoan, fungsi tuturan kesembronoan, dan strategi kesantunan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teknik dokumen. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah peneliti sendiri yang terdapat instrumen pembantu berupa tabel pengumpulan data dan tabel indikator kategori kesembronoan. Hasil analisis data menunjukkan adanya tuturan (1) ketidaksantunan berbahasa kategori kesembronoan yang meliputi kesembronoan subkategori kepura-puraan dengan gurauan, kesembronoan subkategori asosiasi dengan gurauan, kesembronoan subkategori asosiasi dengan ungkapan tabu, kesembronoan subkategori sinisme dengan ejekan, kesembronoan subkategori kesombongan dengan gurauan, kesembronoan subkategori pleonasme dengan gurauan, kesembronoan subkategori pelesetan dengan gurauan, kesembronoan subkategori merendahkan dengan gurauan, kesembronoan subkategori menggoda dengan gurauan, kesembronoan subkategori seruan dengan gurauan, kesembronoan subkategori melucu dengan gurauan, kesembronoan subkategori mengejek dengan gurauan, dan kesembronoan subkategori menyapa dengan ungkapan keakraban, fungsi tuturan yang meliputi fungsi menyatakan (deklaratif), fungsi menanyakan (interogatif), dan fungsi memerintah (imperatif), dan (3) strategi kesantunan yang meliputi strategi off record dan strategi on record. Berdasarkan hasil tersebut, simpulan dari peneliiti yakni tuturan yang ada dalam konten youtube Uus Kamukita dipengaruhi oleh dorongan rasa emosi dan kebebasan bertutur secara humor yang mengakibatkan tuturan disampaikan secara tidak santun, dan banyak mengandung ketidaksantunan yang sengaja diucapkan dengan sembrono.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Uncontrolled Keywords: | pragmatik, ketidaksantunan, kesembronoan, fungsi, strategi | |||||||||
Subjects: | 400 Language > 407 Education, Research & Related Topics 400 Language > 410 Linguistics |
|||||||||
Divisions: | Faculty of Teaching and Education Science > Department of Indonesian Literature Education (S1) | |||||||||
Department: | S1 Pendidikan Bahasa Indonesia | |||||||||
Depositing User: | AMI NOVIA RIZQIATUN NIKMAH | |||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Contact Email Address: | aminovia@yahoo.com | |||||||||
Date Deposited: | 26 Aug 2021 08:13 | |||||||||
Last Modified: | 26 Aug 2021 08:17 | |||||||||
URI: | http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/11889 |
Actions (login required)
View Item |