Anjarwati, Febi Fitri (2021) WACANA PENDIDIKAN KEARIFAN LOKAL DALAM NOVEL LASKAR PELANGI KARYA ANDREA HIRATA. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.
Text
A. PENDAHULUAN.pdf Download (839kB) |
|
Text
B ABSTRAK.pdf Download (284kB) |
|
Text
C BAB I.pdf Download (525kB) |
|
Text
D BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (471kB) | Request a copy |
|
Text
E BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (587kB) | Request a copy |
|
Text
F BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (595kB) | Request a copy |
|
Text
G BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (424kB) | Request a copy |
|
Text
H BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (394kB) | Request a copy |
|
Text
I DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (493kB) |
|
Text
J LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (574kB) | Request a copy |
|
Text
K ARTIKEL.pdf Download (534kB) |
Abstract
Pendidikan merupakan salah satu cara untuk melestarikan kearifan lokal. Pendidikan kearifan lokal dapat diartikan sebagai model pendidikan yang memiliki relevansi tinggi bagi kecakapan hidup (life skills) dengan bertumpu pada pemberdayaan keterampilan dan potensi lokal masing-masing daerah. Pendidikan kearifan lokal dapat dikaji menggunakan perspektif wacana kritis. Novel Laskar Pelangi merupakan salah satu karya sastra yang memuat wacana pendidikan kearifan lokal. Permasalahan yang muncul dari latar belakang adalah bagaimana materi dan metode pendidikan kearifan lokal dalam novel Laskar Pelangi karya Andrea Hirata. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan tentang materi dan metode pendidikan kearifan lokal yang terdapat dalam novel Laskar Pelangi karya Andrea Hirata. Jenis penelitian ini adalah kualitatif. Teknik pengumpulan data adalah dokumentasi. Peneliti juga dibantu dengan tabel instrumen yakni table pedoman dokumentasi. Data dalam penelitian dianalisis dengan metode analisis deskriptif kualitatif yaitu kata-kata yang diperoleh diinterpretasikan dengan membaca data, menemukan data, mengidentifikasi data, mengklasifikasi data, dan menyintesiskan data. Hasil analisis data menujukkan terdapat dua kategorisasi wacana pendidikan kearifan lokal, yaitu pelestarian budaya setempat dan pemberdayaan potensi daerah. Terdapat dua puluh tiga kutipan dari alur cerita dan dialog antar tokoh dalam novel yang memuat materi dan metode pendidikan kearifan lokal dengan dua kategorisasi tersebut. Materi pendidikan kearifan lokal yang tergambar dalam novel meliputi ajaran agama Islam, kesenian Melayu, dan cinta lingkungan. Metode pendidikan kearifan lokal yang tergambar dalam novel adalah pendekatan yang dilakukan oleh guru kepada anak didik agar terjalin komunikasi yang baik. Berdasarkan hasil tersebut, simpulan dari penelitian ini adalah wacana pendidikan kearifan lokal yang terdapat pada materi dan metode di novel Laskar Pelangi karya Andrea Hirata, memuat pelestarian budaya setempat dan pemberdayaan potensi daerah.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Uncontrolled Keywords: | Wacana pendidikan, Kearifan lokal, novel, Laskar Pelang | |||||||||
Subjects: | 800 Literature and Rhetoric > 810 Indonesian Literatures | |||||||||
Divisions: | Faculty of Teaching and Education Science > Department of Indonesian Literature Education (S1) | |||||||||
Department: | S1 Pendidikan Bahasa Indonesia | |||||||||
Depositing User: | Febi Fitri Anjarwati | |||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Contact Email Address: | febifitrianjarwati@gmail.com | |||||||||
Date Deposited: | 08 Nov 2021 01:13 | |||||||||
Last Modified: | 08 Nov 2021 01:19 | |||||||||
URI: | http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/12153 |
Actions (login required)
View Item |