(Peer review + Similarity + Dokumen) ANALISA KINERJA RUAS JALAN CARUBAN-SARADAN DALAM MELAYANI VOLUME LALU LINTAS SAAT LEBARAN

Hamduwibawa, Rofi Budi and PRIYONO, PUJO (2011) (Peer review + Similarity + Dokumen) ANALISA KINERJA RUAS JALAN CARUBAN-SARADAN DALAM MELAYANI VOLUME LALU LINTAS SAAT LEBARAN. Program Studi Pasca Sarjana Jurusan Teknik Sipil ITS, Surabaya.

WarningThere is a more recent version of this item available.
[img] Text
peer review_Semnas TS VII 2011.PDF

Download (2MB)
[img] Text
Sertifikat_cover_artikel_Semnas TS VII 2011.PDF

Download (5MB)
[img] Text
Turnitin_ANALISA KINERJA RUAS JALAN CARUBAN-SARADAN DALAM MELAYANI VOLUME LALU LINTAS SAAT LEBARAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Lebaran hanyalah salah satu pemicu bagi terjadinya peningkatan aktifitas bagi lalu lintas orang dan barang. Tidak terkecuali bagi ruas jalan Caruban-Saradan, yang menghubungkan Surabaya dan Yogyakarta, dan merupakan akses jalur tengah lalu lintas di Pulau Jawa, pada saat arus puncak lebaran juga terkena macet. Kemacetan terjadi pada H+2 dan terparah terjadi pada H+3 seperti yang diinformasikan oleh media massa. Ruas jalan ini tidak diprediksikan untuk mengalami macet hingga sepanjang 15 km, sehingga penelitian ini lebih bersifat antisipatif terhadap kemungkinan terulangnya peristiwa yang sama kemudian hari. Namun, data sekunder yang tersedia hanyalah hasil survey penghitungan lalu lintas pada kondisi normal. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui kinerja ruas jalan Caruban-Saradan dengan menggunakan MKJI. Dikarenakan pada saat arus puncak mudik survey pencacahan jumlah kendaraan per jam tidak dilakukan pada ruas jalan Caruban-Saradan, maka jumlah kendaraan per jamnya diperkirakan berdasarkan data sekunder hasil survey kondisi normal tahun 2007 dengan menggunakan model Rejim Tunggal yang menggambarkan hubungan antara kecepatan-arus-kerapatan. Setelah perkiraan volume arus puncak lebaran 2007 diperoleh, maka data ini harus disesuaikan lagi terhadap perkiraan pertumbuhan arus puncak lebaran tiap tahun untuk memperoleh perkiraan volume arus puncak lebaran tahun 2010 dan 2015. Berdasarkan hasil hubungan empiris antara kecepatan-arus-kerapatan yang terdapat dalam MKJI, volume arus puncak lebaran 2010 adalah 35000 kendaraan per hari. Dengan directional split 45-55 dan arus puncak lebaran 2010 berada pada arah Surabaya-Madiun, menghasilkan volume 1442 smp/jam kendaraan arah Surabaya-Madiun dan volume 1180 smp/jam kendaraan arah Madiun-Surabaya. Berdasarkan output KAJI diperoleh DS = 0,888, Derajat Iringan = 0,881, dan kecepatan aktual = 31,5 km/jam. Dengan cara yang sama, arus puncak lebaran 2015 diperkirakan 53000 kendaraan per hari, volume 2182 smp/jam kendaraan arah Surabaya-Madiun dan volume 1787 smp/jam kendaraan arah Madiun-Surabaya. DS = 1,344, Derajat Iringan = 0.974, dan kecepatan aktual kurang dari 25 km/jam.

Item Type: Peer Review
Uncontrolled Keywords: MKJI, Model Rejim Tunggal, perkiraan pertumbuhan volume
Subjects: 600 Technology and Applied Science > 620 Engineering > 624 Civil Engineering
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Civil Engineering (S1)
Depositing User: Rofi Budi Hamduwibawa
Date Deposited: 09 Dec 2021 01:38
Last Modified: 09 Feb 2022 01:45
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/12302

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item