STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN BATIK TIE DYE DALAM MENINGKATKAN KECINTAAN MASYARAKAT JEMBER PADA BATIK



Sungkar, Afnan Salsabila (2022) STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN BATIK TIE DYE DALAM MENINGKATKAN KECINTAAN MASYARAKAT JEMBER PADA BATIK. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[thumbnail of A. PENDAHULUAN.pdf] Text
A. PENDAHULUAN.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of B. ABSTRAK.pdf] Text
B. ABSTRAK.pdf

Download (987kB)
[thumbnail of C. BAB I.pdf] Text
C. BAB I.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of D. BAB II.pdf] Text
D. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of E. BAB III.pdf] Text
E. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (939kB) | Request a copy
[thumbnail of F. BAB IV.pdf] Text
F. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of G. BAB V.pdf] Text
G. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (985kB) | Request a copy
[thumbnail of H. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
H. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (989kB)
[thumbnail of I. LAMPIRAN.pdf] Text
I. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of J. ARTIKEL.pdf] Text
J. ARTIKEL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (799kB) | Request a copy

Abstract

Skripsi ini membahas tentang penerapan sistem komunikasi pemasaran
yang digunakan oleh salah satu home industry yang memproduksi Batik Tie
Dye guna meningkatkan kecintaan masyarakat Jember pada batik. Penelitian ini
menggunakan teori Cutlip and Center (1982) dan atas dasar bauran komunikasi
pemasaran. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif.Home Industry Batik
Tie Dye Jember merupakan objek pada penelitian ini. Sumber data diperoleh
dengan menggunakan teknik purposive sampling yang ditujukan kepada empat
sumber informan diantaranya pemilik usaha, karyawan, konsumen dan pecinta
batik.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa selama 11 tahun berdiri, home
industry ini menekankan strategi pemasaran produk dengan slogan “Harga
Terjangkau Kualitas Terjamin” sehingga konsumen mampu memasarkan kembali
produk tersebut dengan kualitas produk yang sangat baik. Jangkauan pemasaran
home industry ini berada di wilayah Karesidenan Besuki, selain itu home industry
Batik Tie Dye ini juga memberikan pengalaman kepada masyarakat sekitar untuk
dapat memanfaatkan peluang dalam hal pembuatan batik dan pemasaran produk
Batik Tie Dye, agar tercipta masyarakat yang aktif, kreatif, inovatif, serta
mencintai karya batik. Tujuan dari penelitian ini adalah meningkatkan rasa cinta
masyarakat terhadap karya leluhur Bangsa Indonesia yaitu Batik.

Contribution
Nama Dosen Pembimbing
NIDN/NIDK
Dosen Pembimbing
Juariyah, Juariyah
nidn0006086701

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords/Kata Kunci: Strategi Komunikasi, Komunikasi Pemasaran, Batik Tie Dye, Masyarakat.
Subjects: 600 Technology and Applied Science > 650 Business > 659 Advertising
Divisions: Faculty of Social and Politics Science > Department of Communication Science (S1)
Depositing User: AFNAN SALSABILA SUNGKAR | afnansalsabila80@gmail.com
Date Deposited: 16 Feb 2022 02:23
Last Modified: 16 Feb 2022 02:23
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/12936

Actions (login required)

View Item View Item