GAMBARAN SELF REGULATED LEARNING PADA ANAK LATE CHILDHOOD

ANGGRAENI, IFFAH FAISYA (2022) GAMBARAN SELF REGULATED LEARNING PADA ANAK LATE CHILDHOOD. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER.

[img] Text
a. Pendahuluan.pdf

Download (1MB)
[img] Text
b. Abstrak.pdf

Download (482kB)
[img] Text
c. Bab I.pdf

Download (946kB)
[img] Text
d. Bab II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (793kB) | Request a copy
[img] Text
e. Bab III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (650kB) | Request a copy
[img] Text
f. Bab IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (652kB) | Request a copy
[img] Text
g. Bab V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (480kB) | Request a copy
[img] Text
h. Daftar Pustaka.pdf

Download (936kB)
[img] Text
i. Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (648kB) | Request a copy
[img] Text
j. Naskah Publikasi.pdf

Download (1MB)

Abstract

Anak-anak usia akhir atau biasa disebut dengan masa kanak-kanak akhir adalah masa perkembangan dari sekitar usia 6 sampai 12 tahun. Masa ini disebut masa sekolah dasar. Menurut Piaget (Hurlock dalam Papilia Olds & Fieldman 2010) berdasarkan perkembangan kognitif anak-anak memasuki tahap pembedahan tertentu saat ini dan kurang menarik diri dari seelumnya. Anak akan bersekolah untuk mencapai tujuan yang diinginkan. Semua anak ingin mencapai yang teraik sehingga mereka memiliki kewajian untuk belajar. Anak yang memasuki tahap perkembangan anak usia dini akhir, sekitar 11-12 tahun, perlu dapat belajar atau mengontrol perilakunya secara mandiri. Hasil survei pendahuluan menarik untuk diteliti lebih lanjut, karena belajar mandiri mempengaruhi otonomi belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana gambaran Self Regulated Learning pada anak Late Childhood. Populasi penelitian ini adalah di Sekolah Dasar Negeri 8 Mimbaan. Sampel yang digunakan adalah siswa kelas 5 dan 6, karena usia tersebut masuk dalam kategori Late Childhood. Adanya jumlah populasi yang terbatas, maka populasi tersebut juga menjadi sampel dari peneliti. Jumlah sampel keseluruhan adalah 60 siswa. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan menggunakan teknik pengolahan data berupa prosentase. Sebelum digunakan, peralatan diuji validitas dan reliabilitasnya. Peneliti menggunakan teknik perolehan data yang menggunakan analisis deskriptif persentase, yaitu metode yang digunakan untuk menggambarkan setiap variabel dalam penelitian. Dengan menggunakan teknik ini, Selain itu, karena seluruh populasi digunakan sebagai sampel, maka digunakan metode pengambilan sampel dengan metode sensus atau metode sampel jenuh. Alat ukur yang digunakan adalah skala Self regulated learning yang diadaptasi dari Isna Arofatu Zahro. Berdasarkan hasil penelitian di dapatkan bahwa nilai validitasnya dengan melihat R table sebesar dan reliabilitasnya memiliki nilai sebesar. Pada penelitian ini, di dapatkan hasil bahwa siswa siswa Sekolah Dasar Negeri 8 Mimbaan memiliki Self Regulated Learning yang cenderung tinggi yaitu 78. Berdasarkan aspeknya, metakognitif memiliki prosentase tertinggi yaitu 52, artinya siswa mampu untuk merencanakan belajarnya, menetapkan tujuan, mrmonitor serta mengevaluasi diri dalam belajarnya. Saran peneliti selanjutnya yang tertarik untuk mengadakan penelitian yang sama agar memperhatikan variable yang akan di gunakan dan juga pada populasi yang akan di gunakan untuk meneliti

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: self regulated learning, late childhood
Subjects: 300 Social Science > 304 Factors Affecting Social Behavior
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology (S1)
Depositing User: Iffah faisya Anggraeni
Date Deposited: 01 Mar 2022 03:11
Last Modified: 01 Mar 2022 03:11
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/13230

Actions (login required)

View Item View Item