Pemanfaatan Teknologi Informasi sebagai Pemoderasi Determinan Kualitas Informasi Laporan Keuangan (studi kasus pada koperasi se-kec.sumbersari kab.jember)

Permana, Larasati Indah (2022) Pemanfaatan Teknologi Informasi sebagai Pemoderasi Determinan Kualitas Informasi Laporan Keuangan (studi kasus pada koperasi se-kec.sumbersari kab.jember). Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[img] Text
A. PENDAHULUAN (1).pdf

Download (1MB)
[img] Text
B. ABSTRAK.pdf

Download (545kB)
[img] Text
C. BAB I.pdf

Download (3MB)
[img] Text
D. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (710kB) | Request a copy
[img] Text
E. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (678kB) | Request a copy
[img] Text
F. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (928kB) | Request a copy
[img] Text
G. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (541kB) | Request a copy
[img] Text
H. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (707kB)
[img] Text
I. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
J. ARTIKEL.pdf

Download (1MB)

Abstract

Banyak faktor yang memengaruhi kualitas informasi laporan keuangan, dimana kualitas informasi laporan keuangan merupakan tolak ukur kinerja perusahaan secara umum. Kualitas informasi laporan keuangan yang baik tentunya akan sesuai dengan tujuan perusahaan untuk jangka pendek maupun jangka panjang. Telah banyak dilakukan penelitian tentang Pengaruh kompetensi sumber daya manusia, sistem pengendalian intern dan pengalaman kerja terhadap kualitas informasi laporan keuangan dengan moderasi pemanfaatan teknologi informasi. Hipotesis dalam penelitian ini kualitas sumber daya manusia, sistem pengendalian intern dan pengalaman kerja terhadap kualitas informasi laporan keuangan secara parsial maupun secara simultan, dan pemanfaatan teknologi informasi memoderasi pengaruh kualitas sumber daya manusia, sistem pengendalian intern dan pengalaman kerja terhadap kualitas informasi laporan keuangan. Objek penelitian ini adalah Koperasi se Kecamatan Sumbersari Jember dengan jumlah sampel yang digunakan sebagai responden adalah 61 yang terdiri dari koperasi. Teknik pengambilan sampel menggunakan sensus. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan kuesioner dan alat analisis data menggunakan regresi moderating. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Nilai konstanta sebesar -2,384 mengindikasikan bahwa jika variabel independen (kompetensi sumber daya manusia, sistem pengendalian intern, pengalaman kerja dan pemafaatan teknologi) adalah nol maka kualitas informasi laporan keuangan akan terjadi sebesar -2,384. Koefisien regresi variabel kompetensi sumber daya manusia (X1) sebesar -0,501 mengindikasikan bahwa setiap penurunan satu satuan variabel kompetensi sumber daya manusia akan menurunkan kualitas informasi laporan keuangan sebesar 0,501 dengan asumsi sistem pengendalian intern, pengalaman kerja dan pemafaatan teknologi constant. Koefisien regresi variabel sistem pengendalian intern (X2) sebesar 0,564 mengindikasikan bahwa setiap kenaikan satu satuan variabel sistem pengendalian intern akan meningkatkan kualitas laporan keuangan sebesar 0,564 dengan asumsi kompetensi sumber daya manusia, pengalaman kerja dan pemafaatan teknologi constant. Koefisien regresi variabel pengalaman kerja (X3) sebesar 0,283 mengindikasikan bahwa setiap kenaikan satu satuan variabel pengalaman kerja akan meningkatkan kualitas laporan keuangan 90 sebesar 0,283 dengan asumsi kompetensi sumber daya manusia, sistem pengendalian intern dan pemafaatan teknologi konstant. Koefisien regresi variabel pemafaatan teknologi (X4) sebesar 1,004 mengindikasikan bahwa setiap kenaikan satu satuan variabel pemafaatan teknologi akan meningkatkan kualitas laporan keuangan sebesar 1,004 dengan asumsi kompetensi sumber daya manusia, sistem pengendalian intern dan pengalaman kerja constant.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: kualitas sumber daya manusia, sistem pengendalian intern, pengalaman kerja dan kualitas informasi laporan keuangan.
Subjects: 600 Technology and Applied Science > 650 Business > 657 Accounting
Divisions: Faculty of Economics > Department of Accounting (S1)
Depositing User: Larasati Indah Permana
Date Deposited: 21 Apr 2022 03:53
Last Modified: 21 Apr 2022 03:53
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/13553

Actions (login required)

View Item View Item