(Peer Review + Similarity + Document) Transisi Representasi Simbolik-Pictorial dalam Menyelesaikan Masalah Matematika



Fatqurhohman, Fatqurhohman and Susetyo, Agus Milu (2022) (Peer Review + Similarity + Document) Transisi Representasi Simbolik-Pictorial dalam Menyelesaikan Masalah Matematika. Edumatica: Jurnal Pendidikan Matematika, Pendidikan Matematika, FKIP Universitas Jambi.

[thumbnail of Kover_editor_artikel_ Transisi Representasi Simbolik-Pictorial dalam Menyelesaikan Masalah.pdf] Text
Kover_editor_artikel_ Transisi Representasi Simbolik-Pictorial dalam Menyelesaikan Masalah.pdf

Download (529kB)
[thumbnail of Similarity_Transisi Representasi Simbolik-Pictorial dalam Menyelesaikan Masalah Matematika turn.pdf] Text
Similarity_Transisi Representasi Simbolik-Pictorial dalam Menyelesaikan Masalah Matematika turn.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of peer review_ Transisi Representasi Simbolik-Pictorial dalam Menyelesaikan Masalah.pdf] Text
peer review_ Transisi Representasi Simbolik-Pictorial dalam Menyelesaikan Masalah.pdf

Download (461kB)
Official URL: https://online-journal.unja.ac.id/edumatica/index

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk menggambarkan proses transisi representasi simbolik-pictorial dalam penyelesaikan masalah matematika. Pengumpulan data dilakukan dengan memberikan soal tertulis yang dilanjutkan dengan wawancara terstruktur. Subjek pada penelitian ini melibatkan siswa kelas VII yang dipilih berdasarkan pertimbangan hasil jawaban siswa tersebut dapat memberikan proses transisi representasi. Hasil penelitian ini menunjukkan dua proses transisi representasi yaitu
pictorial ke simbolik dan simbolik ke pictorial. Representasi pictorial-simbolik, dimulai dengan mentranslasikan informasi soal ke bentuk ilustrasi gambar melalui perbedaan ukuran dan banyaknya kue, mengintegrasikan ilustrasi yang dibuat melalui perhitungan dengan cara mempartisi menjadi
beberapa bagian yang sama menggunakan garis-garis pemotongan sebagai proses modifikasi/penyederhanaan. Representasi simbolik-pictorial, ditunjukkan dengan menemukan kunci permasalahan “kue diberikan secara merata kepada 20 orang” dan mentranslasikan informasi ke bentuk perhitungan, kemudian mentransformasikan dengan menyederhanakan hasil perhitungan berdasarkan kunci permasalahan, hasilnya ditranslasikan ke bentuk ilustrasi gambar berbentuk lingkaran yang dimodifikasi dengan mempartisi menjadi beberapa bagian. Hubungan representasi yang ditunjukkan melalui bentuk perhitungan simbolik dengan ilustrasi gambar memiliki kesamaan solusi atau tidak. Dengan demikian perbedaan proses transisi representasi ini di tahap integrasi dan
tranlasi pada transformasi dan modifikasi melalui pengubahan bentuk fisik (ilustrasi gambar) dan simbol-simbol (perhitungan).

[error in script]

Item Type: Peer Review
Keywords/Kata Kunci: representasi pictorial, representasi simbolik, transisi representasi
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 510 Mathematics > 512 Algebra
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science
Depositing User: susetyo Agus milu | agusmilus@unmuhjember.ac.id
Date Deposited: 31 May 2022 07:57
Last Modified: 17 Jun 2022 07:03
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/13782

Actions (login required)

View Item View Item