Pengembangan Buku Nonteks Berbasis Augmented Reality pada Materi Kesenian Pendalungan Bagi Mahasiswa Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Aditiawan, Rohmad Tri (2022) Pengembangan Buku Nonteks Berbasis Augmented Reality pada Materi Kesenian Pendalungan Bagi Mahasiswa Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[img] Text
1. PENDAHULUAN.pdf

Download (777kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (178kB)
[img] Text
3. BAB I.pdf

Download (263kB)
[img] Text
4. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (247kB) | Request a copy
[img] Text
5. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (446kB) | Request a copy
[img] Text
6. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (760kB) | Request a copy
[img] Text
7. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (184kB) | Request a copy
[img] Text
8. BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (242kB) | Request a copy
[img] Text
9. RUJUKAN.pdf

Download (180kB)
[img] Text
10. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (954kB) | Request a copy

Abstract

Media pembelajaran merupakan perantara untuk menyalurkan informasi atau materi pembelajaran dari pendidik kepada peserta didik dan berfungsi untuk memvisualisasikan sesuatu yang berkaitan dengan hal-hal yang sukar dalam pembelajaran dapat berupa bentuk cetak maupun pandang dengar yang termasuk teknologi perangkat keras. Buku Nonteks berbasis Augmented Reality merupakan gabungan media cetak dan teknologi. Media tersebut memiliki dua komponen utama, yaitu buku yang dilengkapi marker dengan teknologi Augmented Reality. Permasalahan yang muncul berdasarkan analisis kebutuhan adalah keterbatasan penggunaan media pembelajaran dan kesulitan peserta didik memvisualisasikan materi kesenian Pendalungan pada mata kuliah Kearifan Lokal Pendalungan. Tujuan penelitian ini yaitu mengembangkan produk dan mengetahui kelayakan Buku Nonteks berbasis Augmented Reality pada materi Kesenian Pendalungan bagi Mahasiswa Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan. Model yang digunakan dalam penelitian ini yaitu model ADDIE dengan tahapan Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluations. Pengumpulan data dilakukan menggunakan angket yang terdiri dari angket ahli media, ahli materi, dan responden mahasiswa. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif berupa deskripsi pengembangan produk, saran dan komentar dari uji ahli dan mahasiswa serta menggunakan analisis kuantitatif berupa uji validasi pengembangan terhadap media pembelajaran yang dikembangkan. Hasil dari penelitian ini berupa Buku Nonteks berbasis Augmented Reality, Buku Nonteks yang dikembangkan berjudul Kesenian Orang Pendalungan dan sebuah aplikasi pendukung Augmented Reality dengan nama AR Pendalungan. Buku Nonteks berbasis Augmented Reality berdasarkan penilaian uji ahli media memperoleh presentase kelayakan 96% dan penilaian uji ahli materi dengan presentase kelayakan 88% serta penilaian respon pengguna (mahasiswa) memperoleh presentase kelayakan 88%. Berdasarkan kriteria tingkat kelayakan media Augmented Reality termasuk dalam kualifikasi sangat baik dengan keterangan sangat layak digunakan tanpa revisi dalam materi kesenian Pendalungan. Berdasarkan hasil tersebut, simpulan dari penelitian ini adalah Buku Nonteks berbasis Augmented Reality dapat dikatakan sangat baik dengan keterangan sangat layak, tanpa revisi untuk memvisualisasikan kesenian Pendalungan dan sebagai media pembelajaran materi Kesenian Pendalungan pada Mahasiswa Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Buku Nonteks, Augmented Reality, Materi Kesenian Pendalungan
Subjects: 800 Literature and Rhetoric > 807 Education and Research of Literatures
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > Department of Indonesian Literature Education (S1)
Depositing User: Rohmad Tri Aditiawan
Date Deposited: 29 Jun 2022 03:38
Last Modified: 29 Jun 2022 03:38
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/13977

Actions (login required)

View Item View Item