Pengembangan Buku Penunjang Menulis Puisi Melalui Pendekatan Mimesis Pada Siswa Kelas VII Semester Genap MTS Negeri Umbulsari Tahun Ajaran 2015/2016



Wijaya, Eka Intan Nur (2016) Pengembangan Buku Penunjang Menulis Puisi Melalui Pendekatan Mimesis Pada Siswa Kelas VII Semester Genap MTS Negeri Umbulsari Tahun Ajaran 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER.

[thumbnail of JURNAL.pdf]
Preview
Text
JURNAL.pdf

Download (343kB) | Preview
[thumbnail of COVER DAN PENDAHULUAN.pdf] Text
COVER DAN PENDAHULUAN.pdf

Download (302kB)
[thumbnail of DAFTAR RUJUKAN.pdf] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (8kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (38kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (207kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (353kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (363kB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12kB)
[thumbnail of PERNYATAAN KEASLIAN DAN RIWAYAT HIDUP.pdf] Text
PERNYATAAN KEASLIAN DAN RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (29kB)

Abstract

Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah mendeskripsikan proses dan kualitas pengembangan buku penunjang menulis puisi melalui pendekatan mimesis pada kelas VII/A MTs Negeri Umbulsari. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (reseacrch and development) dengan menggunakan model pengembangan Borg and Gall. Namun penelitian ini hanya sampai tahap desiminasi.Penelitian ini melalui tiga tahap uji coba, yaitu uji coba ahli terdiri atas uji ahli materi, uji ahli bahasa, uji coba ahli penyajian, dan uji coba ahli kegrafikan. Uji perseorangan dilakukan kepada guru bahasa dan sastra Indonesia di MTs Negeri Umbulsari. Uji siswa/siswi dalam kelompok kecil dilakukan di kelas VII/A MTs Negeri Umbulsari. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar validasi berupa angket, lembar observasi, dan angket respon siswa. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif dengan teknik persentase. Berdasarkan hasil pengembangan dan kelayakan dari buku penunjang menulis kreatif puisi ini, maka dapat diketahui bahwa hasil yang didapat sangat valid dan efektif, artinya memenuhi kriteria yang ditentukan yaitu diatas 70%, artinya buku penunjang menulis puisi yang dihasilkan layak untuk digunakan.

Contribution
Nama Dosen Pembimbing
NIDN/NIDK
UNSPECIFIED
Amilia, Fitri
UNSPECIFIED
UNSPECIFIED
Anggraeni, Astri Widyaruli
UNSPECIFIED

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 800 Literature and Rhetoric > 821 English Poetry
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > Department of Indonesian Literature Education (S1)
Depositing User: Hendri UF | hendri@unmuhjember.ac.id
Date Deposited: 12 Mar 2019 06:45
Last Modified: 11 Nov 2019 02:10
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/1447

Actions (login required)

View Item View Item