Suryaningtari, Meytha (2017) Tindak Tutur pada Naskah Drama Siswa Kelas VIII C SMP Muhammadiyah 6 Wuluhan. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER.
|
Text
artikel fix.pdf Download (653kB) | Preview |
|
Text
PENDAHULUAN.pdf Download (324kB) |
||
Text
ABSTRAKSI.pdf Download (264kB) |
||
Text
BAB I.pdf Download (357kB) |
||
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (429kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (398kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (630kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (497kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (163kB) |
Abstract
Tindak tutur adalah teori yang meneliti makna dan maksud kalimat, bukan teori yang berusaha meneliti struktur kalimat. Tindak tutur merupakan tuturan atau ucapan yang mengandung sebuah persepsi, namun didalamnya bukan hanya sekedar ucapan bagi yang bersangkutan tetapi juga melakukan tindakan. Tindak tutur juga bisa ditemukan dalam karya sastra salah satunya drama. Sementara itu, tindak tutur dalam karya sastra khusunya drama yakni terdapat pada dialog-dialog antartokohnya, seperti yang terdapat pada naskah drama karya siswa kelas VIII C SMP Muhammadiyah 6 Wuluhan. Adapun jenis tindak tutur meliputi tindak tutur lokusi, ilokusi dan perlokusi. Permasalahan yang muncul pada latar belakang ada duayakni: (1) Bagaimanakah jenis tindak tutur pada naskah drama karangan siswa kelas VIII C SMP Muhammadiyah 6 Wuluhan dan (2) Bagaimanakah makna tindak tutur pada naskah drama karangan siswa kelas VIII C SMP Muhammadiyah 6 Wuluhan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan jenis tindak tutur pada naskah drama karangan siswa kelas VIII C SMP Muhammadiyah 6 Wuluhan dan mendeskripsikan makna tindak tutur pada naskah drama karangan siswa kelas VIII C SMP Muhammadiyah 6 Wuluhan. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatis. Sasaran penelitian ini adalah siswa-siswi kelas VIII C SMP Muhammadiyah 6 Wuluhan. tempat penelitian di SMP Muammadiyah 6 Wuluhan, pada 7 Juni 2017. Teknik pengumpulan data adalah teknik dokumentasi. Instrumen dalam penelitian adalah peneliti selaku instrumen utama, dan instrumen bantu berupa tabel kriteria dan tabel pengkodean data. Data dalam penelitian dianalisis dengan analisis deskriptif kualitatif yaitu kata-kata yang diperoleh direduksi, disajikan, dan disimpulkan. Hasil analisis data menunjukkan bahwa jenis-jenis tindak tutur terdapat pada naskah drama siswa. jenis-jenis tindak tutur tersebut adalah tindak tutur lokusi, ilokusi dan perlokusi. Fungsi tuturan lokusi adalah untuk menyatakan atau menginformasikan tentang suatu hal. Fungsi tuturan ilokusi adalah untuk menyatakan atau menginformasikan sesuatu untuk melakukan sesuatu. Sementara itu, tindak tutur perlokusi adalah tuturan untuk mempengaruhi seseorang sehingga membuat seseorang bisa merasa senang, sedih, cemas, takut, dan lain-lain.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Uncontrolled Keywords: | tindak tutur, naskah drama | ||||||
Subjects: | 800 Literature and Rhetoric > 812 Indonesian Drama | ||||||
Divisions: | Faculty of Teaching and Education Science > Department of Indonesian Literature Education (S1) | ||||||
Department: | ["eprint_fieldopt_department_KODEPRODI88201#PENDIDIKANBAHASADANSASTRAINDONESIA" not defined] | ||||||
Depositing User: | Hendri UF | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Date Deposited: | 20 Mar 2019 02:17 | ||||||
Last Modified: | 25 Sep 2019 09:00 | ||||||
URI: | http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/1519 |
Actions (login required)
View Item |