Pratiwi, Dela Ari (2022) Pengembangan Bahan Ajar Teks Eksposisi untuk Siswa Kelas VIII SMPN 2 Sempu. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.
Text
1. PENDAHULUAN.pdf Download (920kB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (314kB) |
|
Text
3. BAB I.pdf Download (452kB) |
|
Text
4. BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (493kB) | Request a copy |
|
Text
5. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (662kB) | Request a copy |
|
Text
6. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
7. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (440kB) | Request a copy |
|
Text
8. BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (314kB) | Request a copy |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (417kB) |
|
Text
10. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengembangan bahan ajar dalam pemanfaatan media pembelajaran bagi siswa kelas VIII SMPN 2 Sempu. Adapun dalam memilih pemanfaatan media bahan ajar untuk dikembangkan sebagai media pembelajaran karena Bahan ajar menyusun teks eksposisi penting bagi peserta didik dan guru jika melihat ketersediaan bahan ajar teks eksposisi masih minim ditemukan. Penelitian ini termasuk jenis penelitian dan pengembangan research and development. Sementara model pengembangan yang digunakan pada penelitian ini adalah model prosedural. Model prosedural deskriptif adalah model deskriptif yang menggambarkan alur atau langkah-langkah prosedural yang harus diikuti untuk menghasilkan produk tertentu. Uji coba produk dilakukan terhadap beberapa siswa disekolah sebagai subjek uji coba produk. Adapun teknik pengumpulan data dilakukan dengan membagikan kuisioner atau angket terhadap ahli materi, ahli Media, dan juga kelompok siswa. Intrumen pengumpulan data berupa butir-butir pertanyaan terkait kelayakan media pengembangan bahan ajar. Analisis data yang digunakan yakni dengan Angket kuisioner validasi ahli dan angket respon siswa. Angket validitas ahli berisi kisi-kisi mengenai kriteria dari bahan ajar yang dikembangkan. Sementara data analisis angket respon siswa dianalisis menggunakan data kuantitatif untuk memperoleh informasi mengenai respon siswa dan kelayakan tentang media pembelajaran yang dikembangkan. Hasil dari analisis data ini yaitu produk pengembangan yang dilakukan peneliti layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran. Hasil validitas menunjukkan bahwa produk buku ajar baik dalam aspek kelayakan isi, Aspek desain buku, dan Aspek Desain buku layak digunakan pada proses pembelajaran. Sehingga dapat disimpulkan bahwa produk bahan ajar bisa digunakan dalam kegiatan pembelajaran di sekolah. Berdasarkan hasil tersebut, simpulan dari penelitian ini adalah pengembangan bahan ajar teks persuasif layak digunakan dengan beberapa revisi produk.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media Pembelajaran, Bahan Ajar | |||||||||
Subjects: | 800 Literature and Rhetoric 800 Literature and Rhetoric > 807 Education and Research of Literatures |
|||||||||
Divisions: | Faculty of Teaching and Education Science > Department of Indonesian Literature Education (S1) | |||||||||
Department: | S1 Pendidikan Bahasa Indonesia | |||||||||
Depositing User: | DELA ARI PRATIWI | |||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Contact Email Address: | delaaripratiwi2205@gmail.com | |||||||||
Date Deposited: | 31 Oct 2022 01:30 | |||||||||
Last Modified: | 31 Oct 2022 01:30 | |||||||||
URI: | http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/15452 |
Actions (login required)
View Item |