KEMAMPUAN BERPIKIR ANALISIS SISWA DALAM MENGGUNAKAN SOAL TWO TIER MULTIPLE CHOICE

Galatea, Chusnul Khotimah and Sari, Nanda Ayu Rosyta (2022) KEMAMPUAN BERPIKIR ANALISIS SISWA DALAM MENGGUNAKAN SOAL TWO TIER MULTIPLE CHOICE. Gammath: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika.

[img] Text
Plag Berpikir Analisis Chusnul Nanda 1 sinta 5.pdf.pdf

Download (241kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir analisis siswa kelas VIII pada materi bangun ruang sisi datar dalam menyelesaikan soal tipe two tier multiple choice. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini ialah tes dan wawancara. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah soal tes, pedoman wawancara, dan lembar validasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa berkemampuan tinggi memiliki kemampuan berpikir analisis yang sangat baik dengan persentase 80%, siswa berkemampuan sedang memiliki kemampuan berpikir analisis yang cukup baik dengan persentase 40%, sedangkan siswa berkemampuan rendah memiliki kemampuan berpikir analisis yang kurang dengan persentase 20%-30%. Lebih lanjut, kemampuan berpikir analisis siswa berdasarkan level kognitif menggunakan soal two tier multiple choice berbeda-beda tergantung dengan pencapaian indikator kemampuan berpikir analisisnya. Siswa yang cenderung menjawab benar pada second tier memiliki persentase lebih besar menjawab benar pada first tier.

Item Type: Peer Review
Subjects: 300 Social Science > 370 Education
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > Department of Mathematics Education (S1)
Depositing User: Chusnul Khotimah Galatea
Date Deposited: 24 Jan 2023 01:31
Last Modified: 24 Jan 2023 01:31
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/16083

Actions (login required)

View Item View Item