Pengembangan soal matematika model programme for international student assessment (PISA) konten quantity dalam konteks budaya Jember

Putri, Aisyah Maylani Ariyatma Utami and Ningtyas, Yoga Dwi Windy Kusuma and Galatea, Chusnul Khotimah (2022) Pengembangan soal matematika model programme for international student assessment (PISA) konten quantity dalam konteks budaya Jember. Delta-Pi: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika.

[img] Text
Plag Pengembangan PISA Aisyah Chusnul 3 sinta 4.pdf.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses dan mengetahui hasil pengembangan soal matematika model PISA konten quantity dalam konteks budaya Jember. Metode penelitian yang dipakai adalah penelitian dan pengembangan dengan model penelitian ADDIE. Subjek uji coba pada penelitian ini untuk uji kelompok kecil siswa kelas VIII H SMP Negeri 1 Wuluhan sebanyak 6 anak dan uji kelompok besar siswa kelas VIII F SMP Negeri 1 Wuluhan sebanyak 23 siswa dalam satu kelas uji. Instrumen pengumpulan data berupa lembar validasi, lembar angket, dan soal. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kevalidan, analisis kepraktisan, analisis butir soal, dan analisis keefektifitasan produk. Berdasarkan hasil penelitian dan pengembangan diperoleh bahwa produk dikembangkan sesuai dengan tahapan ADDIE dan hasil pengembangan menunjukkan bahwa soal matematika model PISA memenuhi tiga kriteria yang valid dengan skor 4,03, praktis dengan skor 73,9% dan efektif dengan skor 70,9%, sehingga soal matematika model PISA dapat digunakan untuk membantu evaluasi siswa pada materi quantity atau bilangan dan pola bilangan.

Item Type: Peer Review
Subjects: 300 Social Science > 370 Education
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > Department of Mathematics Education (S1)
Depositing User: Chusnul Khotimah Galatea
Contact Email Address: chusnulkhotimah@unmuhjember.ac.id
Date Deposited: 24 Jan 2023 01:31
Last Modified: 20 Oct 2023 06:33
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/16084

Actions (login required)

View Item View Item