Perancangan Sistem Informasi Customer Service Berbasis Web pada PT. Telekomukasi Indonesia, Tbk (Telkom) Jember

Ashrifa, Diba (2023) Perancangan Sistem Informasi Customer Service Berbasis Web pada PT. Telekomukasi Indonesia, Tbk (Telkom) Jember. Vocational Education thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[img] Text
1. Pendahuluan.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. Abstrak.pdf

Download (237kB)
[img] Text
3. Bab 1.pdf

Download (364kB)
[img] Text
4. Bab 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (712kB) | Request a copy
[img] Text
5. Bab 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
6. Bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
7. Bab 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (209kB) | Request a copy
[img] Text
8. Daftar Pustaka.pdf

Download (232kB)
[img] Text
9. Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (385kB) | Request a copy
[img] Text
11. Artikel TA diba.pdf

Download (1MB)

Abstract

PT Telekomukasi Indonesia, Tbk (Telkom) Jember dalam pekerjaan customer service seperti menghubungi pelanggan untuk mengingatkan tagihan tiap bulan bagi yang baru berlangganan produk dari PT Telekomukasi Indonesia, Tbk (Telkom) Jember. Dalam pekerjaan tersebut tentu ada pengolahan data yang harus terperinci dan dapat dilakukan dengan cepat. Namun, pengolahan data yang masih digunakan di PT Telekomukasi Indonesia, Tbk (Telkom) Jember menggunakan sistem kurang praktis seperti penggunaan Google Sheet yang kemudian diperiksa satu persatu nomer internet pelanggan (copy-paste) ke program lainnya untuk mengetahui jumlah tagihan yang menunggak, lalu setelah itu menghubungi pelanggan tersebut dan mencatat hal-hal seperti keluhan pelanggan. Dengan adanya perkembangan teknologi saat ini, pelayanan pelanggan dibuat secara mudah dan cepat. Salah satu contoh pada penelitian ini yaitu sistem informasi berbasis website. Pada penelitian ini pembuatan web menggunakan bahasa pemrograman PHP dan metode yang digunakan yaitu model waterfall. Hasil dari penelitian ini berupa sebuah sistem yang dapat mengolah data calling. Sistem dapat digunakan oleh petugas pelayanan PT Telekomukasi Indonesia, Tbk (Telkom) Jember. Dengan adanya sistem ini, pembuatan laporan hasil calling menjadi lebih efektif berupa data informasi yang diinput secara online dalam satu program melalui website sehingga dapat menghasilkan laporan hasil calling yang siap cetak atau download oleh bagian customer service. Kata kunci : pelayanan pelanggan, sistem informasi, customer service, telkom witel jember

Item Type: Thesis (Vocational Education)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : pelayanan pelanggan, sistem informasi, customer service, telkom witel jember
Subjects: 000 Computer Science, Information, & General Works
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Informatics Management System (D3)
Department: D3 Manajemen Informatika
Depositing User: Diba Ashrifa
Contributors:
ContributionContributor NameNIDN/NIDK
Thesis advisorRahman, Miftahur0724039201
Thesis advisorZakiyyah, Amalina Maryam0727058705
Contact Email Address: dib.dibaashrifa@gmail.com
Date Deposited: 17 Feb 2023 03:57
Last Modified: 17 Feb 2023 03:57
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/16431

Actions (login required)

View Item View Item