STUDI KELAYAKAN TARIF PARKIR ON STREET PROGRESIF KAWASAN KOTA JEMBER BERDASARKAN DURASI PARKIR ( Studi Kasus Jl. Trunojoyo )



Irawan, Rizki Dwi (2023) STUDI KELAYAKAN TARIF PARKIR ON STREET PROGRESIF KAWASAN KOTA JEMBER BERDASARKAN DURASI PARKIR ( Studi Kasus Jl. Trunojoyo ). Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[thumbnail of A. PENDAHULUAN.pdf] Text
A. PENDAHULUAN.pdf

Download (263kB)
[thumbnail of B. ABSTRAK.pdf] Text
B. ABSTRAK.pdf

Download (83kB)
[thumbnail of C. BAB I.pdf] Text
C. BAB I.pdf

Download (90kB)
[thumbnail of D. BAB II.pdf] Text
D. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (640kB) | Request a copy
[thumbnail of E. BAB III.pdf] Text
E. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (315kB) | Request a copy
[thumbnail of F. BAB IV.pdf] Text
F. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of G. BAB V.pdf] Text
G. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (209kB) | Request a copy
[thumbnail of H. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
H. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (198kB)
[thumbnail of I. LAMPIRAN.pdf] Text
I. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Masih banyak tempat di kota Jember yang belum ada lahan parkir yang cukup sehingga sebagian besar pengendara menggunakan sebagian jalan untuk memarkir kendaraannya dan seringkali terjadi kemacetan akibat dari parkir di badan jalan. Sangat diperlukan pemanfaatan area parkir secara optimal untuk menjamin kenyamanan dan kemudahan bagi pengguna jasa parkir. Salah satu cara yakni dengan menerapkan tarif parkir progresif, maka diharapkan pengguna nuang parkir dapat mengurangi waktu parkir. Dengan mengurangi lama parkir maka ruang parkir dapat dipergunakan dengan lebih efektif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja jalan dan kapasitas parkir jika diterapkan sistem parkir progresif mungganakan durasi parkir. Hasil dari penelitian ini menunjukkan Derajat Kejenuhan (DS) pada ruas Jalan Trunojoyo Jember hari senin sebesar 1,41 dan hari sabtu 1,10 dengan Kecepatan Arus Bebas (FV) sebesar FV (km/jam) 50,02 km/jam. Dimana dengan hasil tersebut layak untuk menerapkan sistem parkir progresif. Kapasitas satuan ruang parkir on street pada segmen 1 sebesar 27, segmen 2 terdapat 28, di segmen 3 terdapat 41 dan di segmen 4 ada 36 SRP. Pendapatan tarif parkir progresif sebesar Rp. 298.000 ribu pada hari senin dan sebesar Rp. 214.000 ribu pada hari sabtu.

Contribution
Nama Dosen Pembimbing
NIDN/NIDK
UNSPECIFIED
Hamduwibawa, Rofi Budi
NIDN 0008057802
UNSPECIFIED
Kuryanto, Totok Dwi
NIDN 0013086602

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords/Kata Kunci: Kata kunci : parkir, derajat kejenuhan, progresif
Subjects: 600 Technology and Applied Science > 620 Engineering > 624 Civil Engineering
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Civil Engineering (S1)
Depositing User: Rizki Dwi Irawan | irawanrizkidwi@gmail.com
Date Deposited: 21 Jul 2023 03:30
Last Modified: 21 Jul 2023 03:30
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/17897

Actions (login required)

View Item View Item