Penerapan Model Pembelajaran Matematika Realistik untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar



Sari, Erwin Indah Cahya (2016) Penerapan Model Pembelajaran Matematika Realistik untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER.

[thumbnail of artikel PMR.pdf]
Preview
Text
artikel PMR.pdf

Download (49kB) | Preview
[thumbnail of 1. Cover skrispi.pdf] Text
1. Cover skrispi.pdf

Download (22kB)
[thumbnail of 6. Daftar Rujukan.pdf] Text
6. Daftar Rujukan.pdf

Download (10kB)
[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf

Download (8kB)
[thumbnail of BAB 1.pdf] Text
BAB 1.pdf

Download (34kB)
[thumbnail of BAB 2.pdf] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (99kB)
[thumbnail of BAB 3.pdf] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (189kB)
[thumbnail of BAB 4.pdf] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (100kB)
[thumbnail of BAB 5.pdf] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (17kB)
[thumbnail of BAB 6.pdf] Text
BAB 6.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8kB)
[thumbnail of Lampiran 1. Matrik 59-60.pdf] Text
Lampiran 1. Matrik 59-60.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (32kB)
[thumbnail of Lampiran 2-3 61-62.pdf] Text
Lampiran 2-3 61-62.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (20kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan mutu pendidikan dengan melakukan perubahan ke arah perbaikan terhadap aktivitas dan hasil belajar matematika siswa dengan penerapan model Pembelajaran Matematika Realistik. Penelitian ini dilaksanakan di kelas VIIIA Smp Satya Dharma Balung pada semester genap dari tanggal 19 April – 17 Mei 2016, dengan siswa berjumlah 18 orang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus dengan 4 tahapan yakni perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Data aktivitas yang dikumpulkan melalui observasi pada setiap pembelajaran dan hasil belajar diperoleh melalui tes setiap akhir siklus. Berdasarkan analisis data yang diperoleh bahwa aktivitas siswa terjadi peningkatan persentase dari siklus I dan siklus II yaitu 68% dan 82%. Sedangkan paa hasl belajara terjadi peningkatan sebesar 61% dan 89%. Dari hasil penelitian ini dapat disimpilkan bahwa penerapan model pembelajaran matematika realistic dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika siswa kelas VIIIA SMP Satya Dharma Balung pada pokok bahasan kubus dan balok tahun ajaran 2015/2016.

[error in script]

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords/Kata Kunci: Pembelajaran Matematika Realisti, Aktivitas, Hasil Belajar
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 510 Mathematics
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > Department of Mathematics Education (S1)
Depositing User: Hendri UF | hendri@unmuhjember.ac.id
Date Deposited: 14 May 2019 05:41
Last Modified: 16 Nov 2019 01:50
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/1790

Actions (login required)

View Item View Item