Umam, Hairul (2016) Pengaruh Kecerdasan Emosional terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X IPS SMAN 4 Jember. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER.
|
Text
ARTIKEL.pdf Download (299kB) | Preview |
|
Text
Pendahuluan.pdf Download (188kB) |
||
Text
ABSTRAK.pdf Download (102kB) |
||
Text
BAB 1.pdf Download (171kB) |
||
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (188kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (245kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (416kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (100kB) |
||
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (233kB) |
Abstract
Latar Belakang saat ini belajar kurang memerhatiakan peran dan pengaruh emosi pada proses dan hasil belajar yang di capai seseorang, Tetapi sejak orang mulai memerhatikan peran otak dalam segala bentuk perilaku manusia, maka emosi mulai jadi perhatian, termasuk peranannya dalam meningkatkan hasil belajar. Emosi tidak lagi dipandang konvensional, melainkan sebagai sumber kecerdasan,kepekaan, berperan menghidupkan perkembangan dan penalaran yang baik. Bahkan saat ini di sadari bahwa untuk mencapai keberhasilan belajar, maka proses belajar yang terjadi seharusnya menyenangkan. Masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana pengaruh kecerdasan emosional terhadap hasil belajar siswa? (2) Bagaimana pengaruh emosi positif terhadap hasil belajar siswa?(3) Bagaimana pengaruh emosi negatif terhadap hasil belajar siswa?(4) Bagaimana pengaruh antara emosi positif dan emosi negatif terhadap hasil belajar siswa ? Jenis Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif deskriptif. Penelitian dilakukan 1 minggu terhitung mulai tanggal 27 April 2016 sampai dengan 3 Mei 2016. Intrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket (Queetionnaire) dan kamera. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh hasil (1) Sehingga Ho diterima yang menyatakan ada pengaruh yang signifikan antara kecerdasan emosional terhadap hasil belajar siswa.(2) Sehingga Ho diterima yang menyatakan ada pengaruh yang signifikan antara emosi positif terhadap hasil belajar siswa.(3) Sehingga Ho diterima yang menyatakan ada pengaruh yang signifikan antara emosi negatif terhadap hasil belajar siswa.(4) Sehingga Ho diterima yang menyatakan ada pengaruh yang signifikan antara emosi positif dan emosi negatif terhadap hasil belajar siswa. (1) Kesimpulan penelitian ini adalah Ada pengaruh kecerdasan emosional terhadap hasil belajar siswa (2) Ada pengaruh emosi positif terhadap hasil belajar siswa. (3) Ada pengaruh emosi negatif terhadap hasil belajar siswa. (4) Ada pengaruh emosi positif dan emosi negatif terhadap hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kecerdasan Emosinal, hasil Belajar |
Subjects: | 500 Natural Science and Mathematics > 510 Mathematics |
Divisions: | Faculty of Teaching and Education Science > Department of Mathematics Education (S1) |
Department: | ["eprint_fieldopt_department_KODEPRODI84202#PENDIDIKANMATEMATIKA" not defined] |
Depositing User: | Hendri UF |
Date Deposited: | 15 May 2019 02:22 |
Last Modified: | 16 Nov 2019 02:21 |
URI: | http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/1799 |
Actions (login required)
View Item |