Sa’adah, Halimatus (2016) Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Scramble pada Materi Segitiga (Siswa Kelas VII B MTS Ma’arif Al- Islah Sumberejo-Ambulu Tahun Ajaran 2015/2016). Undergraduate thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER.
|
Text
artikel ima.pdf Download (46kB) | Preview |
|
Text
2. Judul dan Awal.pdf Download (111kB) |
||
Text
ABSTRAK.pdf Download (18kB) |
||
Text
BAB I.pdf Download (37kB) |
||
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (108kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (129kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (217kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (25kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (17kB) |
||
Text
0. Daftar Rujukan.pdf Download (18kB) |
||
Text
1.Matrik Penelitian.pdf Restricted to Repository staff only Download (42kB) |
||
Text
2. Pedoman Wawancara.pdf Restricted to Repository staff only Download (6kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh aktivitas dan hasil belajar siswa yang rendah. Didalam proses pembelajaran guru banyak berperan aktif sedangkan siswa hanya menerima apa yang disampaikan oleh guru. Sehingga dalam hal ini guru yang lebih berperan aktif sedangkan siswa cenderung pasif. Selain itu, kesulitan siswa dalam memecahkan masalah matematika yang disuguhkan menyebabkan hasil belajar kurang maksimal. Alternatif untuk memecahkan permasalahan diatas yaitu dengan menerapkan pembelajaran menggunakan model kooperatif scramble. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dengan menggunakan model kooperatif scramble pokok segitiga. Pelaksanaan pembelajaran dilakukan pada 28 April 2016 sampai 21 Mei 2016. Subjek penelitiannya adalah siswa kelas VIIB Mts Ma’arif AL-islah Sumberejo-Ambulu. Penelitian ini adalah PTK. Metode pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Berdasarkan hasil analisis data aktivitas dan hasil belajar siswa pada siklus I dan siklus II mengalami peningkatan. Persentase peningkatan aktivitas belajar siswa dari siklus I ke siklus II sebesar 8%. Dimana aktivitas belajar siswa pada siklus I sebesar 73% dan siklus II sebesar 81%. Sedangkan untuk hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 75% dan siklus II sebesar 97% sehingga terlihat bahwa hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan sebesar 22%. Kesimpulan yang diambil dari hasil analisis data dan pembahasan adalah dengan diterapkannya pembelajaran matematika menggunakan model kooperatif scramble pada pokok bahasan segitiga dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa di kelas VIIB Mts Ma’arif AL-islah Sumberejo-Ambulu.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Uncontrolled Keywords: | Aktivitas belajar, hasil belajar, model kooperatif scramble, Segitiga | |||||||||
Subjects: | 500 Natural Science and Mathematics > 510 Mathematics | |||||||||
Divisions: | Faculty of Teaching and Education Science > Department of Mathematics Education (S1) | |||||||||
Department: | ["eprint_fieldopt_department_KODEPRODI84202#PENDIDIKANMATEMATIKA" not defined] | |||||||||
Depositing User: | Hendri UF | |||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Date Deposited: | 15 May 2019 03:09 | |||||||||
Last Modified: | 16 Nov 2019 01:54 | |||||||||
URI: | http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/1801 |
Actions (login required)
View Item |