Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Scramble pada Materi Segitiga (Siswa Kelas VII B MTS Ma’arif Al- Islah Sumberejo-Ambulu Tahun Ajaran 2015/2016)

Sa’adah, Halimatus (2016) Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Scramble pada Materi Segitiga (Siswa Kelas VII B MTS Ma’arif Al- Islah Sumberejo-Ambulu Tahun Ajaran 2015/2016). Undergraduate thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER.

[img]
Preview
Text
artikel ima.pdf

Download (46kB) | Preview
[img] Text
2. Judul dan Awal.pdf

Download (111kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (18kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (37kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (108kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (129kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (217kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (25kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (17kB)
[img] Text
0. Daftar Rujukan.pdf

Download (18kB)
[img] Text
1.Matrik Penelitian.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (42kB)
[img] Text
2. Pedoman Wawancara.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh aktivitas dan hasil belajar siswa yang rendah. Didalam proses pembelajaran guru banyak berperan aktif sedangkan siswa hanya menerima apa yang disampaikan oleh guru. Sehingga dalam hal ini guru yang lebih berperan aktif sedangkan siswa cenderung pasif. Selain itu, kesulitan siswa dalam memecahkan masalah matematika yang disuguhkan menyebabkan hasil belajar kurang maksimal. Alternatif untuk memecahkan permasalahan diatas yaitu dengan menerapkan pembelajaran menggunakan model kooperatif scramble. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dengan menggunakan model kooperatif scramble pokok segitiga. Pelaksanaan pembelajaran dilakukan pada 28 April 2016 sampai 21 Mei 2016. Subjek penelitiannya adalah siswa kelas VIIB Mts Ma’arif AL-islah Sumberejo-Ambulu. Penelitian ini adalah PTK. Metode pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Berdasarkan hasil analisis data aktivitas dan hasil belajar siswa pada siklus I dan siklus II mengalami peningkatan. Persentase peningkatan aktivitas belajar siswa dari siklus I ke siklus II sebesar 8%. Dimana aktivitas belajar siswa pada siklus I sebesar 73% dan siklus II sebesar 81%. Sedangkan untuk hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 75% dan siklus II sebesar 97% sehingga terlihat bahwa hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan sebesar 22%. Kesimpulan yang diambil dari hasil analisis data dan pembahasan adalah dengan diterapkannya pembelajaran matematika menggunakan model kooperatif scramble pada pokok bahasan segitiga dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa di kelas VIIB Mts Ma’arif AL-islah Sumberejo-Ambulu.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Aktivitas belajar, hasil belajar, model kooperatif scramble, Segitiga
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 510 Mathematics
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > Department of Mathematics Education (S1)
Department: ["eprint_fieldopt_department_KODEPRODI84202#PENDIDIKANMATEMATIKA" not defined]
Depositing User: Hendri UF
Contributors:
ContributionContributor NameNIDN/NIDK
UNSPECIFIEDFirdaus, Hana Puspita Ekanidn0714069002
UNSPECIFIEDWulandari, Christinenidn0717028302
Date Deposited: 15 May 2019 03:09
Last Modified: 16 Nov 2019 01:54
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/1801

Actions (login required)

View Item View Item