EFEKTIVITAS PROMOSI MELALUI INSTAGRAM DALAM MENINGKATKAN JUMLAH PENJUALAN PADA ELZATTA JEMBER DENGAN MENGGUNAKAN KONSEP AIDA (Attention, Interest, Desire, Action)

Noralisa, Dheby (2023) EFEKTIVITAS PROMOSI MELALUI INSTAGRAM DALAM MENINGKATKAN JUMLAH PENJUALAN PADA ELZATTA JEMBER DENGAN MENGGUNAKAN KONSEP AIDA (Attention, Interest, Desire, Action). Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[img] Text
A. PENDAHULUAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
B. ABSTRAK.pdf

Download (652kB)
[img] Text
C. BAB 1.pdf

Download (2MB)
[img] Text
D. BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (824kB) | Request a copy
[img] Text
E. BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (726kB) | Request a copy
[img] Text
F. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
G. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (655kB) | Request a copy
[img] Text
H. DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (711kB) | Request a copy
[img] Text
I. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
J. ARTIKEL.pdf
Restricted to Repository staff only until 2028.

Download (870kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji apakah pemasaran yang dilakukan oleh Elzatta Jember melalui instagram efektif untuk meningkatkan jumlah penjualan. Penelitian ini menggunakan metode AIDA sebagai variabelnya yaitu Attention (X1), Interest (X2), Desire (X3), dan Action (X4). Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah kurangnya jumlah like dan jumlah viewers dari setiap unggahan postingan produk di akun instagram Elzatta Jember yaitu @elzattajember_new. Dampak dari kurangnya jumlah like dan jumlah viewers ialah akan menyebabkan produk Elzatta kurang di kenal oleh semua kalangan dan penjualan mungkin tidak efektif, sehingga peneliti tertarik untuk menguji seberapa efektif akun instagram Elzatta Jember untuk meningkatkan jumlah penjualan. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan metode penelitian deskriptif. Metode pengumpulan data adalah melalui surfey dan penyebaran kuesioner melalui google form dan disebar kepada 75 responden. Hasil menunjukkan bahwa pada tahap attention (Perhatian) memiliki total nilai 1177, interest (Ketertarikan) memiliki total nilai 1198, desire (Keinginan) memiliki total nilai 912, dan action (Tindakan) memiliki total nilai 887. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, yang dimana semua tahap berada dalam kategori “baik”. Hasil penelitian ini sesuai dengan teori yang dikemukakan oleh oleh Paulus (2012) bahwa jika nilai efektivitas mencapai kategori 60%-80% dikategorikan Baik. Hal ini mencerminkan bahwa pemasaran melalui instagram yang dilakukan pihak Elzatta Jember secara baik mampu menarik konsumen untuk menggunakan produk yang ditawarkan, sehingga dapat meningkatkan penjualan pada Elzatta Jember.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : AIDA, Efektivitas Pemasaran, Sosial Media Instagram
Subjects: 600 Technology and Applied Science > 650 Business > 658 General Management
Divisions: Faculty of Economics > Department of Management (S1)
Depositing User: Dheby Noralisa
Date Deposited: 27 Jul 2023 02:34
Last Modified: 27 Jul 2023 02:34
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/18105

Actions (login required)

View Item View Item