PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS ETNOMATEMATIKA AKTIVITAS PETANI CABAI PADA MATERI SEGI EMPAT
Rahmawati, Mita (2023) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS ETNOMATEMATIKA AKTIVITAS PETANI CABAI PADA MATERI SEGI EMPAT. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.
![]() |
Text
1. PENDAHULUAN.pdf Download (700kB) |
![]() |
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (378kB) |
![]() |
Text
3. BAB I.pdf Download (391kB) |
![]() |
Text
4. BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (435kB) | Request a copy |
![]() |
Text
5. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (890kB) | Request a copy |
![]() |
Text
6. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (728kB) | Request a copy |
![]() |
Text
7. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (391kB) | Request a copy |
![]() |
Text
8. BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (384kB) | Request a copy |
![]() |
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (273kB) |
![]() |
Text
10. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) | Request a copy |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui proses pengembangan dan
menentukan kelayakan LKPD. Dari hasil penelitian pengembangan ini dapat
dinyatakan bahwa LKPD yang dikembangkan layak dan dapat digunakan sebagai
media pembelajaran yang tepat untuk meningkatkan semangat siswa dalam
berlatih soal matematika. Jenis penelitian ini menggunakan model penelitian dan
pengembangan (R&D). Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan
kuesioner Subyek uji coba penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP
Muhammadiyah 1 Jember.
Hasil penelitian dan pengembangan ini berupa produk LKPD dengan judul
“Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Etnomatematika Aktivitas
Petani Cabai Pada Materi Segi Empat”. Penyajian hasil data penelitian dan
pengembangan berupa data kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif diperoleh
dari hasil validasi instrumen dan validasi LKPD. Validasi LKPD oleh validator
memperoleh skor rata-rata 3,14. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa
LKPD yang dikembangkan dinyatakan valid. Data kualitatif diperoleh dari hasil
angket respon siswa terhadap LKPD yang dikembangkan. Berdasarkan hasil
angket respon siswa, sebanyak 55% siswa mengalami kesulitan dalam memahami
materi segi empat, 87,5% siswa lebih mudah memahami materi segi empat, 90%
siswa memiliki semangat untuk belajar lebih lanjut, 70% LKPD
mempresentasikan menarik, 80% bahasa pertanyaan sangat mudah dipahami,
77,5% kalimat pertanyaan tidak menimbulkan makna ganda, 77,5% kalimat
pertanyaan tidak menimbulkan makna ganda, dan 80% LKPD sangat membantu
dalam pembelajaran segi empat, yang sangat baik. Artinya, gambar di LKPD
sudah jelas. Berdasarkan hasil tes yang dilakukan siswa terhadap LKPD diperoleh
nilai rata-rata 84.
ContributionNama Dosen PembimbingNIDN/NIDKUNSPECIFIEDRhomdani, Rohmad Wahidnidn29048701UNSPECIFIEDFatqurhohman, Fatqurhohmannidn0711028602
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords/Kata Kunci: | Lembar Kerja Peserta Didik, Aktivitas Petani Cabai, Etnomatematika |
Subjects: | 400 Language > 407 Education, Research & Related Topics |
Divisions: | Faculty of Teaching and Education Science > Department of Mathematics Education (S1) |
Depositing User: | MITA RAHMAWATI | mitaarahmawati04@gmail.com |
Date Deposited: | 27 Jul 2023 08:31 |
Last Modified: | 27 Jul 2023 08:31 |
URI: | http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/18272 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |