PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS ETNOMATEMATIKA AKTIVITAS PETANI CABAI PADA MATERI SEGI EMPAT

Rahmawati, Mita (2023) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS ETNOMATEMATIKA AKTIVITAS PETANI CABAI PADA MATERI SEGI EMPAT. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[img] Text
1. PENDAHULUAN.pdf

Download (700kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (378kB)
[img] Text
3. BAB I.pdf

Download (391kB)
[img] Text
4. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (435kB) | Request a copy
[img] Text
5. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (890kB) | Request a copy
[img] Text
6. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (728kB) | Request a copy
[img] Text
7. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (391kB) | Request a copy
[img] Text
8. BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (384kB) | Request a copy
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (273kB)
[img] Text
10. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui proses pengembangan dan menentukan kelayakan LKPD. Dari hasil penelitian pengembangan ini dapat dinyatakan bahwa LKPD yang dikembangkan layak dan dapat digunakan sebagai media pembelajaran yang tepat untuk meningkatkan semangat siswa dalam berlatih soal matematika. Jenis penelitian ini menggunakan model penelitian dan pengembangan (R&D). Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan kuesioner Subyek uji coba penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 1 Jember. Hasil penelitian dan pengembangan ini berupa produk LKPD dengan judul “Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Etnomatematika Aktivitas Petani Cabai Pada Materi Segi Empat”. Penyajian hasil data penelitian dan pengembangan berupa data kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif diperoleh dari hasil validasi instrumen dan validasi LKPD. Validasi LKPD oleh validator memperoleh skor rata-rata 3,14. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa LKPD yang dikembangkan dinyatakan valid. Data kualitatif diperoleh dari hasil angket respon siswa terhadap LKPD yang dikembangkan. Berdasarkan hasil angket respon siswa, sebanyak 55% siswa mengalami kesulitan dalam memahami materi segi empat, 87,5% siswa lebih mudah memahami materi segi empat, 90% siswa memiliki semangat untuk belajar lebih lanjut, 70% LKPD mempresentasikan menarik, 80% bahasa pertanyaan sangat mudah dipahami, 77,5% kalimat pertanyaan tidak menimbulkan makna ganda, 77,5% kalimat pertanyaan tidak menimbulkan makna ganda, dan 80% LKPD sangat membantu dalam pembelajaran segi empat, yang sangat baik. Artinya, gambar di LKPD sudah jelas. Berdasarkan hasil tes yang dilakukan siswa terhadap LKPD diperoleh nilai rata-rata 84.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Lembar Kerja Peserta Didik, Aktivitas Petani Cabai, Etnomatematika
Subjects: 400 Language > 407 Education, Research & Related Topics
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > Department of Mathematics Education (S1)
Department: S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: MITA RAHMAWATI
Contributors:
ContributionContributor NameNIDN/NIDK
UNSPECIFIEDRhomdani, Rohmad Wahidnidn29048701
UNSPECIFIEDFatqurhohman, Fatqurhohmannidn0711028602
Contact Email Address: mitaa.rahmawati04@gmail.com
Date Deposited: 27 Jul 2023 08:31
Last Modified: 27 Jul 2023 08:31
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/18272

Actions (login required)

View Item View Item