Rahmawati, Mita (2023) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS ETNOMATEMATIKA AKTIVITAS PETANI CABAI PADA MATERI SEGI EMPAT. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.
Text
1. PENDAHULUAN.pdf Download (700kB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (378kB) |
|
Text
3. BAB I.pdf Download (391kB) |
|
Text
4. BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (435kB) | Request a copy |
|
Text
5. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (890kB) | Request a copy |
|
Text
6. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (728kB) | Request a copy |
|
Text
7. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (391kB) | Request a copy |
|
Text
8. BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (384kB) | Request a copy |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (273kB) |
|
Text
10. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) | Request a copy |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui proses pengembangan dan menentukan kelayakan LKPD. Dari hasil penelitian pengembangan ini dapat dinyatakan bahwa LKPD yang dikembangkan layak dan dapat digunakan sebagai media pembelajaran yang tepat untuk meningkatkan semangat siswa dalam berlatih soal matematika. Jenis penelitian ini menggunakan model penelitian dan pengembangan (R&D). Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan kuesioner Subyek uji coba penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 1 Jember. Hasil penelitian dan pengembangan ini berupa produk LKPD dengan judul “Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Etnomatematika Aktivitas Petani Cabai Pada Materi Segi Empat”. Penyajian hasil data penelitian dan pengembangan berupa data kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif diperoleh dari hasil validasi instrumen dan validasi LKPD. Validasi LKPD oleh validator memperoleh skor rata-rata 3,14. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa LKPD yang dikembangkan dinyatakan valid. Data kualitatif diperoleh dari hasil angket respon siswa terhadap LKPD yang dikembangkan. Berdasarkan hasil angket respon siswa, sebanyak 55% siswa mengalami kesulitan dalam memahami materi segi empat, 87,5% siswa lebih mudah memahami materi segi empat, 90% siswa memiliki semangat untuk belajar lebih lanjut, 70% LKPD mempresentasikan menarik, 80% bahasa pertanyaan sangat mudah dipahami, 77,5% kalimat pertanyaan tidak menimbulkan makna ganda, 77,5% kalimat pertanyaan tidak menimbulkan makna ganda, dan 80% LKPD sangat membantu dalam pembelajaran segi empat, yang sangat baik. Artinya, gambar di LKPD sudah jelas. Berdasarkan hasil tes yang dilakukan siswa terhadap LKPD diperoleh nilai rata-rata 84.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Uncontrolled Keywords: | Lembar Kerja Peserta Didik, Aktivitas Petani Cabai, Etnomatematika | |||||||||
Subjects: | 400 Language > 407 Education, Research & Related Topics | |||||||||
Divisions: | Faculty of Teaching and Education Science > Department of Mathematics Education (S1) | |||||||||
Department: | S1 Pendidikan Matematika | |||||||||
Depositing User: | MITA RAHMAWATI | |||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Contact Email Address: | mitaa.rahmawati04@gmail.com | |||||||||
Date Deposited: | 27 Jul 2023 08:31 | |||||||||
Last Modified: | 27 Jul 2023 08:31 | |||||||||
URI: | http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/18272 |
Actions (login required)
View Item |