Pingkatan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Strategi Heuristik (Penelitian Tindakan Kelas pada Sub Pokok keliling dan luas bangun segiempat di Kelas VII SMP Negeri 1 Ranuyoso Tahun Pelajaran 2015/2016)

Nurlaili, Meike Disti (2016) Pingkatan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Strategi Heuristik (Penelitian Tindakan Kelas pada Sub Pokok keliling dan luas bangun segiempat di Kelas VII SMP Negeri 1 Ranuyoso Tahun Pelajaran 2015/2016). Undergraduate thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER.

[img]
Preview
Text
Artikel.pdf

Download (409kB) | Preview
[img] Text
Pendahuluan.pdf

Download (77kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (17kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (33kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (104kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (233kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (193kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (28kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (15kB)
[img] Text
1.Matrik Penelitian.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (37kB)
[img] Text
2. pedoman wawncara.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (17kB)
[img] Text
3. kisi-kisi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (19kB)

Abstract

Latar belakang yang mendasari penelitian ini adalah diketahui bahwa kemampuan pemecahan masalah Matematika pada siswa rendah, keaktifan siswa dalam pembelajaran Matematika masih kurang dan hasil belajar siswa masih rendah. Hal ini terlihat ketika guru memberikan latihan soal sejenis namun dengan tingkat kesulitan yang lebih tinggi, hanya beberapa siswa saja yang mampu menyelesaikan soal tersebut dengan benar, sedangkan siswa yang lain masih mengalami kesulitan dalam menyelesaikannya. Hal tersebut menandakan bahwa siswa belum begitu matang dalam memahami konsep yang diberikan. Keadaan tersebut mengakibatkan siswa kurang memaknai pembelajaran. Masalah pada penelitian ini adalah (1) Bagaimanakah peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa saat menggunakan strategi heuristik pada sub pokok bahasan keliling dan luas segiempat kelas VII di SMP Negeri 1 Ranuyoso tahun pelajaran 2015/2016? (2) Bagaimanakah peningkatan hasil belajar siswa saat menggunakan strategi heuristik pada sub pokok bahasan keliling dan luas segiempat kelas VII di SMP Negeri 1 Ranuyoso tahun pelajaran 2015/2016? Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian dilaksanakan pada tanggal 25 April -16 Mei 2016 di kelas VII B SMP Negeri 1 Ranuyoso. Peneliti menggunakan dua metode pengumpulan data yaitu metode wawancara dan metode tes. Instrumen yang digunakan adalah lembar wawancara dan soal tes. Berdasarkan hasil yang diperoleh dari penelitian ini kemampuan pemecahan masalah siswa mengalami peningkatan saat penerapan Strategi Heuristik. Pada tes siklus I, prosentase kemampuan pemecahan masalah siswa pada tahap memahami masalah sebesar 93,3% sedangkan pada tes siklus II naik menjadi 100%. Pada tahap merencanakan pemecahan prosentasenya sebesar 73,3% sedangkan pada tes siklus II naik menjadi 96,67%. Lalu pada tahap melaksanakan rencana penyelesaian prosentasenya sebesar 70% sedangkan pada tes siklus II naik menjadi 96,67%. Dan pada tahap memeriksa kembali prosentasenya sebesar 46,7% sedangkan pada tes siklus II naik menjadi 96,67%. Hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan, pada siklus 1 kentuntasan klasikal sebesar 80,16% dan pada siklus II naik menjadi 96,6%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan Strategi Heuristik dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan hasil belajar matematika siswa. Kemampuan pemecahan masalah dan hasil belajar matematika siswa terus mengalami peningkatan sehingga berhasil memenuhi kriteria kesuksesan yang telah ditentukan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Strategi Heuristik, Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa, Hasil Belajar, Keliling dan Luas Bangun Segiempat
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 510 Mathematics
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > Department of Mathematics Education (S1)
Depositing User: Hendri Uut Fahrullah
Date Deposited: 20 May 2019 03:41
Last Modified: 16 Nov 2019 01:19
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/1836

Actions (login required)

View Item View Item