Sugiarto, Nanang (2016) Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pokok Bahasan Segitiga dengan Kriteria Polya kelas VII D SMP Negeri 1 Semboro Tahun Pelajaran 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER.
|
Text
JURNAL NANANG SUGIARTO 1210251053.pdf Download (227kB) | Preview |
|
Text
PENDAHULUAN.pdf Download (285kB) |
||
Text
BAB I.pdf Download (179kB) |
||
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (313kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (367kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (580kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (90kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (85kB) |
||
Text
1. MATRIKS PENELITIAN1.pdf Restricted to Repository staff only Download (97kB) |
||
Text
2. kisi-kisi soal.pdf Restricted to Repository staff only Download (107kB) |
||
Text
3. TRY OUT 7 C1.pdf Restricted to Repository staff only Download (232kB) |
Abstract
Latar belakang penelitian ini adalah rata-rata nilai matematika siswa pokok bahasan segitiga adalah 70 dan kreteria ketuntasan minimal (KKM) matematika pada tahun 2014/2015 75 sehingga dapat disimpulkan bahwa nilai matematika siswa tidak memenuhi KKM karena kesalahan-kesalahan yang dilakukan siswa pada saat menyelesaikan soal cerita. Masalah dalam penelitian ini adalah (1) dimanakah letak kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita pokok bahasan segitiga dengan kriteria Polya? (2) apakah penyebab siswa melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal cerita pokok bahasan segitiga Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Pelaksanaan 11 April hingga 30 Mei 2016 di kelas VIID SMP Negeri 1 Semboro. Peneliti menggunakan data diataranya, yaitu metode tes, metode observasi, metode dokumentasi, metode wawancara. Instrumen yang digunakan adalah peneliti, tes hasil belajar, dan lembar wawancara. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pokok Bahasan Segitiga dengan Kriteria Polya. Letak kesalahan yang dilakukan siswa adalah kesalahan memahami soal, kesalahan menyusun kalimat matematika, kesalahan menyelesaikan kalimat matematika, kesalahan memeriksa kembali. Sedangkan jenis kesalahannya adalah kesalahan konsep, kesalahan teknis, kesalahan penarikan kesimpulan. Penyebab kesalahan siswa dikarenakan tidak menuliskan diketahui, ditanya, dijawab, dan menggunakan rumus yang tidak sesuai soal. Kesimpulan letak kesalahan yang dilakukan siswa adalah kesalahan memahami soal, kesalahan menyusun kalimat matematika, kesalahan menyelesaikan kalimat matematika, kesalahan memeriksa kembali. Penyebabnya kerena lupa tidak memberi keterangan, lupa rumus, tidak tahu cara menyesaikan soal.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kesalahan siswa, soal cerita, segitiga, kriteria Polya | |||||||||
Subjects: | 500 Natural Science and Mathematics > 510 Mathematics | |||||||||
Divisions: | Faculty of Teaching and Education Science > Department of Mathematics Education (S1) | |||||||||
Department: | ["eprint_fieldopt_department_KODEPRODI84202#PENDIDIKANMATEMATIKA" not defined] | |||||||||
Depositing User: | Hendri UF | |||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Date Deposited: | 20 May 2019 04:16 | |||||||||
Last Modified: | 16 Nov 2019 02:04 | |||||||||
URI: | http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/1840 |
Actions (login required)
View Item |