Karakteristik Tingkat Berpikir Matematis Siswa SMP Kelas VII Dalam Soal Pemecahan Masalah Segitiga dan Segiempat Ditinjau dari Faktor Gender

Martania, Indana Zulfa (2023) Karakteristik Tingkat Berpikir Matematis Siswa SMP Kelas VII Dalam Soal Pemecahan Masalah Segitiga dan Segiempat Ditinjau dari Faktor Gender. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[img] Text
A. PENDAHULUAN (1).pdf

Download (688kB)
[img] Text
B. ABSTRAK (1).pdf

Download (146kB)
[img] Text
C. BAB 1 (1).pdf

Download (300kB)
[img] Text
D. BAB 2 (1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (458kB) | Request a copy
[img] Text
E. BAB 3 (1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (224kB) | Request a copy
[img] Text
F. BAB 4 (1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
G. BAB 5 (1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (186kB) | Request a copy
[img] Text
H. BAB 6 (1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (148kB) | Request a copy
[img] Text
I. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (170kB)
[img] Text
J. LAMPIRAN (1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Martania, Indana Zulfa.2023.Karakteristik Tingkat Berpikir Matematis Siswa SMP Kelas VII dalam Soal Pemecahan Masalah Segitiga dan Segiempat Ditinjau dari faktor gender.Skripsi, Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Jember. Pembmbing (1) Dr. Lady Agustina, M.Pd (2) Rohmad Wahid Romdani, S.Pd., M.Si. Kata Kunci: Tingkat Berpikir Matematis, Pemecahan Masalah, Gender Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan karakteristik tingkat berpikir matematis siswa SMP kelas VII dalam soal pemecahan masalah segitiga dan segiempat ditinjau dari faktor gender. Berdasarkan hasil studi pendahuluan yang dilaksanakan peneliti pada tanggal 29 November 2022 di kelas VII A SMP Muhammadiyah 1 Jember yang berisikan 22 siswa laki-laki, terdapat banyak siswa yang memiliki kemampuan berpikir matematis tingkat rendah dalam memecahkan masalah matematika, akan tetapi terdapat siswa yang memiliki kemampuan berpikir matematis tingkat tinggi dan tingkat sedang. Sehingga penulis ingin mengetahui faktor yang terdapat dalam proses berpikir siswa dalam menyelesaikan masalah, salah satunya yaitu fakto gender. Jenis penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan tes tulis pemecahan masalah segitiga dan segiempat serta wawancara semi terstruktur. Subjek yang digunakan oleh peneliti yaitu pada kelas VII A dan VII B di SMP Muhammadiyah1 Jember. Data subjek diperoleh 6 siswa dari hasil tes tulis pemecahan masalah segitiga dan segiempat dengan penggolongan 3 siswa laki-laki dan 3 siswa perempuan, yang masing-masing memiliki kemampuan berpikir matematis tingkat tinggi, sedang dan rendah. Berdasarkan 6 penggolongan siswa tersebut kemudian dianalisis kemampuan berpikir matematis siswa yang termuat dalam 4 indikator yaitu mengkhususkan (specializing), mengeneralisasikan (generalization), menganalogikan (conjecturing) dan meyakinkan (convicing). Siswa yang memilikikemampuan berpikir matematis tingkat tinggi memenuhi 4 indikator kemampuan berpikir matematis yaitu mengkhususkan (specializing), mengeneralisasikan (generalization), menganalogikan (conjecturing) dan meyakinkan (convicing). Siswa dengan kemampuan berpikir matematis tingkat sedang memenuhi 3 atau 2 indikator yaitu mengkhususkan (specializing), mengeneralisasikan (generalization) dan menganalogikan (conjecturing) atau mengkhususkan (specializing) dan mengeneralisasikan (generalization). Siswa dengan kemampuan berpikir matematis tingkat rendah hanya memenuhi salah satu indikator atau tidak sama sekali.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > Department of Mathematics Education (S1)
Depositing User: Indana Zulfa Martania
Date Deposited: 01 Aug 2023 04:04
Last Modified: 01 Aug 2023 04:04
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/18653

Actions (login required)

View Item View Item