Analisis Dan Pengembangan User Interface dan User Experience Berbasis Metode Lean UX Pada Aplikasi Sistem Informasi Akademik Mobile

Rivansyah, Muhammad (2023) Analisis Dan Pengembangan User Interface dan User Experience Berbasis Metode Lean UX Pada Aplikasi Sistem Informasi Akademik Mobile. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[img] Text
PENDAHULUAN.pdf

Download (585kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (80kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (95kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (727kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (239kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (117kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (146kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Universitas Muhammadiyah Jember memiliki Sistem Informasi Akademik berbasis mobile yang disingkat SIA UMJ Mobile. Aplikasi ini merupakan sistem informasi akademik untuk Android yang dimiliki oleh universitas Muhammadiyah Jember. Aplikasi ini bertujuan untuk membantu pengguna mencari informasi terkait perkuliahan yang dapat diakses di mana saja dan kapan saja. Sistem Informasi Akademik UMJ Mobile telah dilakukan pre-research kepada 99 responden pengguna aplikasi. Penelitian ini menggunakan metode perhitungan User Experience Questionnaire (UEQ) dan menghasilkan nilai rata-rata skala UEQ sebagai berikut: Attractiveness (0,414), Perspicuity (0,528), Efficiency (0,381), Dependability (0,326), Stimulation (0,109), dan Novelty (-0,013). Apabila nilai-nilai ini diukur dengan mean rata-rata dari berbagai kumpulan data analisis tools UEQ, maka aplikasi tersebut dapat dikategorikan sebagai buruk atau kurang memuaskan. Oleh karena itu, peneliti berupaya meningkatkan nilai mean UEQ dengan melakukan redesign berdasarkan asumsi yang diajukan oleh ahli desain. Redesign ini dilakukan dengan menggunakan metode Lean UX. Lean UX adalah metode yang berpusat pada pengalaman pengguna (User Experience/UX) yang berfokus pada pemangkasan proses yang tidak diperlukan dalam siklus pengembangan yang dihasilkan. Penerapan metode Lean UX memiliki rangkaian metode yaitu Declare asumptions, Create minimum viable product, Run on experiments, Feedback research. Hasil dari penelitian ini berhasil meningkatkan nilai mean untuk aspek Attractiveness mengalami peningkatanan +1,3 menjadi (1,714), Perspicuity mengalami peningkatanan +1,146 menjadi (1,674), Effeciency mengalami peningkatanan +1,175 menjadi (1,556), Dependability mengalami peningkatanan +1,288 menjadi (1,614), Stimulation mengalami peningkatanan +1,308 menjadi (1,417), Novelty mengalami peningkatanan +0,972 menjadi (0,985) sehingga penelitian ini dapat mingkatkan kualitas UI/UX dari sistem informasi akademik Universitas Muhammadiyah Jember bebasis mobile atau lebih dikenal SIA UMJ Mobile yang sebelumnya memiliki kriteria penilaian bad setelah dilakukan preresearch.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: SIA UMJ Mobile, UEQ, Lean UX, Redesign.
Subjects: 000 Computer Science, Information, & General Works > 004 Data Processing, Computer Science
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Informatics Engineering (S1)
Department: S1 Teknik Informatika
Depositing User: Muhammad Rivansyah
Contributors:
ContributionContributor NameNIDN/NIDK
UNSPECIFIEDArifianto, DeniNIDN0718068103
UNSPECIFIEDSuharso, WiwikNIDN0006097601
Contact Email Address: muhammadrivansya77@gmail.com
Date Deposited: 08 Aug 2023 05:59
Last Modified: 08 Aug 2023 05:59
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/18704

Actions (login required)

View Item View Item