Fitriyyah, Siti Rothifatul (2017) Penerapan Pembelajaran Berbasis Masalah dengan Media KOKAMI (Kotak dan Kartu Misterius) untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa pada Sub Pokok Bahasan Bilangan Pecahan. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER.
|
Text
ARTIKEL.pdf Download (65kB) | Preview |
|
Text
1. COVER SAMPUL DAN JUDUL.pdf Download (122kB) |
||
Text
7. ABSTRAKfix.pdf Download (164kB) |
||
Text
BAB I.pdf Download (178kB) |
||
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (378kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (391kB) |
||
Text
BAB IV FIX.pdf Restricted to Repository staff only Download (771kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (186kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (87kB) |
||
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (90kB) |
Abstract
Latar belakang yang mendasari penelitian ini adalah nilai kelas VII yang belum memenuhi nilai KKM yang ditetapkan sekolah yaitu 70. Rendahnya hasil belajar tersebut disebabkan guru masih menggunakan metode ceramah. Penggunaan metode ceramah menyebabkan siswa pasif, sedikit tanya jawab dan siswa mencatat dari papan tulis. Sedikitnya tanya jawab dari siswa disebabkan siswa tidak berani bertanya secara lisan tentang materi yang belum dipahami, sehingga siswa tidak paham terhadap konsep yang telah diberikan oleh guru. Masalah pada penelitian ini adalah : (1) Bagaimanakah peningkatan aktivitas siswa saat penerapan Pembelajaran Berbasis Masalah dengan Media Kokami pada sub pokok bahasan Bilangan pecahan kelas VII di SMP Ainul Yaqin tahun pelajaran 2016/2017 ? (2) Bagaimanakah peningkatan hasil belajar siswa setelah penerapan Pembelajaran Berbasis Masalah dengan Media Kokami pada Sub pokok bahasan Bilangan pecahan kelas VII di SMP Ainul Yaqin tahun pelajaran 2016/2017 ? Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian dilaksanakan pada tanggal 8 September - 23 September 2016 di kelas VII SMP Ainul Yaqin. Peneliti menggunakan empat metode pengumpulan data yaitu metode observasi, wawancara, dokumentasi dan tes. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi dan soal tes. Berdasarkan hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah aktivitas siswa mengalami peningkatan saat penerapan model Pembelajaran Berbasis Masalah media Kokami. Pada siklus 1, rata-rata persentase aktivitas siswa sebesar 45,84 % sedangkan pada siklus 2 naik menjadi 70,84 %. Hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan, pada siklus 1 ketuntasan klasikal 41,67% dan pada siklus 2 naik menjadi 91,67 %. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran berbasis masalah dengan media kokami dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika siswa. Aktivitas dan hasil belajar matematika siswa terus mengalami peningkatan sehingga berhasil memenuhi kriteria kesuksesan yang telah ditentukan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Aktivitas, Hasil Belajar, Media KOKAMI, Model Pembelajaran Berbasis Masalah |
Subjects: | 500 Natural Science and Mathematics > 510 Mathematics |
Divisions: | Faculty of Teaching and Education Science > Department of Mathematics Education (S1) |
Department: | ["eprint_fieldopt_department_KODEPRODI84202#PENDIDIKANMATEMATIKA" not defined] |
Depositing User: | Hendri UF |
Date Deposited: | 27 May 2019 03:14 |
Last Modified: | 25 Sep 2019 10:35 |
URI: | http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/1884 |
Actions (login required)
View Item |