Peran Komunikasi Organisasi Karang Taruna dalam Melestarikan Tradisi Puter Kayun di Desa Boyolangu Kecamatan Giri Kabupaten Banyuwangi

Santoso, Arina Dabitha (2023) Peran Komunikasi Organisasi Karang Taruna dalam Melestarikan Tradisi Puter Kayun di Desa Boyolangu Kecamatan Giri Kabupaten Banyuwangi. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[img] Text
A. PENDAHULUAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
B. ABSTRAK.pdf

Download (498kB)
[img] Text
C. BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
D. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (643kB) | Request a copy
[img] Text
E. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (588kB) | Request a copy
[img] Text
F. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (692kB) | Request a copy
[img] Text
G. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (496kB) | Request a copy
[img] Text
H. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (634kB)
[img] Text
I. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
J. ARTIKEL.pdf

Download (610kB)

Abstract

Santoso, Arina Dabitha. 2023. Peran Komunikasi Organisasi Karang Taruna Dalam Melestarikan Tradisi Puter Kayun Di Desa Boyolangu Kecamatan Giri Kabupaten Banyuwangi. Skripsi, Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Muhammadiyah Jember. Pembimbing: Dra.Juariyah.M.Si Kata Kunci: Peran komunikasi, Karang taruna, Tradisi Puter Kayun Komunikasi dalam suatu organisasi menjadi hal yang penting dalam pencapaian tujuan organisasi. Organisasi kepemudaan seperti karang taruna memiliki berbagai fungsi salah satunya terkait pelestarian kebudayaan yang dimiliki. Pada upaya pelestarian budaya seperti pelaksanaan tradisi Puter Kayun di Desa Boyolangu tentu saja karang taruna memiliki peranan di dalamnya meskipun belum berlangsung optimal akibat berbagai hambatan dan kendala terutama di bidang komunikasi. Untuk itulah, penelitian ini hendak mengkaji mengenai peran organisasi karang taruna dalam pelestarian tradisi Puter Kayun di Desa Boyolangu sekaligus hambatan komunikasi yang dialami. Penelitian ini berjenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif dan menggunakan metode studi kasus. Data primer didapatkan melalui teknik wawancara dan observasi kepada tokoh adat dan anggota karang taruna, sementara data sekunder didapatkan melalui dokumentasi baik foto ataupun rekaman audio. Analisis data dilakukan melalui reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran pemuda karang taruna dalam pelestarian tradisi Puter Kayun yaitu berkontribusi dan berpartisipasi dalam tahap perencanaan, pelaksanaan, hingga evaluasi acara. Adapun hambatan dan kendala yang dihadapi organisasi karang taruna dalam komunikasi seperti terjadinya miss communication, kurang responsifnya anggota organisasi dalam berkomunikasi, hambatan personal seperti anggota yang sungkan dan malu berbicara di depan umum, hambatan bahasa (perbedaan bahasa), hambatan teknis dan lainnya. Dengan demikian, maka dalam meningkatkan kontribusi pemuda karang taruna dalam pelaksanaan tradisi Puter Kayun maka organisasi harus bisa menciptakan komunikasi secara interaktif, terbuka, dan responsif akan setiap topik yang dibahas dalam diskusi maupun rapat.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Peran komunikasi, Karang taruna, Tradisi Puter Kayun
Subjects: 700 The Art, Entertainment and Sport > 790 Recreational and Performing Arts > 791 Public Performances
Divisions: Faculty of Social and Politics Science > Department of Communication Science (S1)
Department: S1 Ilmu Komunikasi
Depositing User: Arina Dabitha Santoso
Contributors:
ContributionContributor NameNIDN/NIDK
Thesis advisorJuariyah, JuariyahNIDN0006086701
Contact Email Address: arbhita@gmail.com
Date Deposited: 24 Aug 2023 06:22
Last Modified: 24 Aug 2023 06:22
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/19584

Actions (login required)

View Item View Item